TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN DI DESA TALAGASARI KECAMATAN KAWALI KABUPATEN CIAMIS

Ihsan Nurilmi, Sudrajat Sudrajat, Ivan Sayid Nurahman

Abstract


Penyuluhan pertanian merupakan suatu sistem pendidikan non formal bagi masyarakat khususnya bagi petani dan keluarganya dengan tujuan agar mereka mampu, sanggup serta mandiri untuk meningkatkan kegiatan pertaniannya. Kepuasan petani melalui kegiatan penyuluhan akan mempengaruhi sikap dan perilaku petani terutama melalui kepuasan yang dimiliki, petani akan semakin giat lagi dalam mengembangkan usahataninya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut kualitas pelayanan penyuluh pertanian lapangan berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja menurut petani padi di Desa Talagasari Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis dan menganalisis tingkat kepuasan petani padi terhadap kinerja penyuluh pertanian lapangan di Desa Talagasari Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Penelitian ini didesain kualitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 526 petani padi. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling ditentukan menggunakan rumus Slovin, maka diambil sampel sebanyak 84 orang pada tingkat kesalahan 10%. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Talagasari Kecamatan Kawali. Hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA) diperoleh bahwa terdapat tujuh atribut prioritas utama, lima pertahankan prestasi, dua atribut prioritas rendah dan delapan atribut berlebih. Hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh hasil nilai sebesar 71.25% menunjukkan bahwa secara keseluruhan kepuasan petani padi di Desa Talagasari dapat dikatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan penyuluh pertanian lapangan.

References


Batyalery, Merlin., Felecia. P. Adam, Risyart. A. 2013. “Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Penyuluhan Pertanian pada Desa Watheru Kecamatan Baguala Kota Ambon”. Jurnal Agrilan Volume 1 Nomor 3 Tahun 2013.

Departemen Pertanian. 2009. Dasar-dasar Penyuluhan Pertanian. Modul Pembekalan Bagi THL-TB Penyuluh Pertanian 2009. Departemen Pertanian Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Jakarta.

Joni, W. 2009. Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Muamalat Indonesia cabang Bogor. Skripsi pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Mardikanto. 2007. Pengantar Ilmu Pertanian. Surakarta: Pusat Pengembangan Agrobisnis dan Perhutanan Sosial.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metedologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Supranto, M.A. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.8840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: