NILAI TAMBAH UBI KAYU MENJADI KERIPIK PAKSENG

Nurul Rozaki, Dini Rochdiani, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Keripik pakseng merupakan olahan pangan lokal dengan bahan baku utamanya ubi kayu yang dibuat menjadi olahan makanan ringan berbentuk bulat tipis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai tambah ubi kayu menjadi keripik pakseng di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari intansi yang terkait seperti Dinas Pertanian, Kantor Kecamatan, serta intansi lainnya. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja dengan pertimbangan banyak diusahakan oleh masyarakat di Desa Werasari Kecamatan Sadananya. Sementara sampling responden ditentukan secara sensus sebanyak 14 orang perajin. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan analisis nilai tambah. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai tambah ubi kayu menjadi keripik pakseng di Desa Werasari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis adalah Rp 3.177,58 per kilogram.

Keywords


Biaya, Penerimaan, Pendapatan, Nilai Tambah

References


Apriliani, Mia K. Noor, TI. dan Yusuf, MN. 2020. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Tepung Aren: Studi Kasus di Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Jurnal Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(2): 301-309.

Daniel, M. 2002. Metode Penelitian Saosial Ekonomi. Bumi Aksara: Jakarta.

Hamidah, A Hamid, dan Sudrajat, J. 2015. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Keripik Ubi di Kota Pontianak. Jurnal Social Economic of Agriculture, 4(2): 60-73.

Hayami. 1987. Agricultural Marketing And Processing in Upland Java, Aperspective from Sunda Village. Coarse Grains Pulses Root and Tuber Centre (CGPRTC). Bogor. 75 hlm.

Herdiyandi. Rusman, Y. dan Yusuf, MN. 2016. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Tepung Tapioka di Desa Nagaratengah Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya: Studi Kasus pada Seorang Pengusaha Agroindustri Tepung Tapioka di Desa Nagaratengah Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Mahasiswa Agroinfo Galuh, 2(2): 81-86.

Oktaningrum, Gama Noor. Ambarsari, Indrie. dan Endrasari, Retno, 2013. Analisis Kelayakan Ekonomis Subtitusi Tepung Lokal Pada Pembuatan Keripik Daun Ubi kayu. Balai pengkajian teknologi pertanian Jawa Tengah.

Puspitasari, A.T., dan Widiyanto. 2015. Strategi Pengembangan Industri Kecil Lanting di Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(2): 117-135.

Santosa, R. 2017. Kelayakan Finansial dan Nilai Tambah Usaha Agroindustri Keripik Ubi Kayu di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Jurnal Pertanian Cemara, 1(14): 21-34.

Siburian, R.V. 2018. Analisis Efisiensi Pemasaran Agroindustri Klanting di Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 4(4): 131-135.

Soehyono, F. Rochdiani, D. dan Yusuf, MN. 2017. Analisis Usaha dan Nilai Tambah Agroindustri Tempe. Jurnal Mahasiswa Agroinfo Galuh, 1(1): 43-50.

Supratman, ME. Noor, TI. dan Yusuf, MN. 2020. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Pengolahan Kopi Robusta: Studi Kasus pada Agroindustri Panawangan Coffee di Desa Sagalaherang Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Jurnal Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(2): 436-440.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya: Jakarta.

Widiastuti, T. Nurdjanah, S. dan Utomo, T Pratpmdo. 2020. Nilai Tambah Pengolahan Ubi Kayu (Manihot Esculenta Crantz) Menjadi Kelanting Sebagai Snack Lokal. Jurnal Agroteknologi, 14(1): 58-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.8846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: