STRATEGI KOPERASI MINA BAHARI DALAM MEMASARKAN IKAN LAUT HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI DESA LEGOKJAWA, KECAMATAN CIMERAK, KABUPATEN PANGANDARAN

Aii Anggraenii, Trisna Insan Noor, Budi Seta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal maupun eksternal dalam pemasaran ikan laut dan mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan ikan laut di Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah pengurus Koperasi Mina Bahari yang berkaitan dengan perencanaan dan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Identifikasi kondisi internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan: kualitas produk ikan laut, produk ikan laut bervariasi, pemasaran sistem lelang, perahu milik pribadi, ketersediaan tenaga kerja, sarana dan prasarana belum optimal, sistem promosi belum berkelanjutan, tekologi yang digunakan masih sederhana, harga tidak stabil. Kondisi eksternal yang meliputi peluang dan ancaman: peran pemerintah dalam memberikan bantuan, tingginya minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan laut, adanya konsumen tetap, lokasi yang strategis, persaingan produk ikan sejenis, hasil tangkapan ikan laut mengalami fluktuasi, produk ikan laut mudah rusak, dan perubahan iklim. 2). Strategi pemasaran berdasarkan analisis matriks SWOT berada pada kuadran 1. Strategi yang diterapkan yaitu strategi mendukung pertumbuhan agresif dalam strategi tersebut  adalah strategi S-O. Strategi S-O merupakan strategi yang memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. Rumusan strategi S-O yaitu mempertahankan kualitas ikan laut tetap terjamin agar permintaan konsumen tetap terus meningkat. Memanfaatkan produk ikan laut yang bervariasi untuk menarik minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan laut. Sosialisasi tenaga kerja dalam memanfaatkan peran pemerintah dalam memberikan bantuan.

Keywords


Kondisi Internal dan Eksternal, Strategi pemasaran, Analisis SWOT

References


Abidin, Z., Harahab, N., dan Asmarawati, L. 2017. Pemasaran Hasil Perikanan. UBPress. Malang.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hanafiah, A.M., dan Saefudin, A.M. 1983. Tata Niaga Hasil Perikanan. UI Press. Jakarta.

Hayati, Maryani, dan Manalu. 2004. Pengetahuan Sosial Geografi SMP. ESIS. Jakarta.

Ihsan M.N., Ansar M., dan Nurhidayah., 2019. Strategi Pemasaran Ikan kakap Merah di KUB Mina Lestari. Siganus: Journal of Fisheries and Marine Science, 1(1), 21-26.

Kantor Kepala Desa. (2021). Profil Desa Legokjawa. Pangandaran: Kantor Kepala Desa Legokjawa.

Mantra, I.B. (2006). Demografi umum. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Rahayu, A. P. 2020. Ensiklopedia Profesi Seri Nelayan. ALPRIN. Semarang.

Rangkuti, F. 2016. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Setiadi, N.J. (2013). Perilaku Konsumen: edisi revisi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. UBPress. Malang.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. CV ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Yapanto, L.M., Paramata, A.R., dan Gumulu, T.H. 2021. Sistem Pemasaran Ikan Cakalang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI Desa Katialada Provinsi Gorontalo). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 233-239.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.8865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: