STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pluerotus Ostreatus) (Studi Kasus pada Home Industry Ustadz Jamur Desa Sidamulya Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap)

Dewi Yuliana, Dini Rochdiani, Tiktiek Kurniawati

Abstract


Dalam mengelola usaha jamur tiram putih faktor internal dan eksternal turut memberikan dampak terhadap usaha atau bisnis yang sedang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui faktor kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang. 2) untuk mengetahui strategi apa yang dapat diterapkan pada home industry ustadz jamur(UJ). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan data primer dan sekunder.  Analisis data menggunakan IFE, EFE, Diagram SWOT dan Matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan 1) faktor kekuatan yaitu tenaga kerja ahli dibidangnya, jamur tiram putih dijual dalam keadaan segar, jamur tiram yang diproduksi memiliki kualitas yang baik, jamur tiram cukup terkenal, harga terjangkau. Faktor kelemahan yaitu lokasi kurang strategis, modal terbatas, belum memiliki izin usaha, proses produksi masih tradisional, belum bisa memenuhi target pasar. Faktor peluang yaitu memiliki pelanggan teta, jamur tiram memiliki peminat yang banyak, memiliki peluang pasa yang baik. Faktor ancaman yaitu kondisi cuaca dan iklim yang tidak menentu, kesulitan dalam menemukan bahan baku dan bahan lainnya, persaingan dengan komoditas yang sama. 2) Strategi yang tepat yang dapat diterapkan yaitu Mempertahankan kondisi jamur tiram putih dalam keadaan segar dengan kualitas yang baik pada saat dijual, memanfaatkan peluang pasar yang ada dengan menambah pelanggan tetap untuk menjual jamur tiram

Keywords


Kata Kunci: Jamur Tiram Putih, IFE, EFE, Diagram SWOT, Matriks SWOT

References


Anjayani dan Haryanto. 2009. Pengertian Luas Lahan. Gramedia. Jakarta

Diningrat, Y. T. 2018. Strategi Pemasaran Teh Manggata Pada CV. Dari Teman Sejati Mojokerto. Jurnal Agora Vol. 6 No. 2.

Fred, R. David. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. Edisi 12. Jakarta:Salemba Empat.

Freddy Rangkuti. 2016. Teknik Membedah Kasus Bisnis AnalisisSWOT, Edisi Duapuluh Dua, Cetakan Keduapuluh Dua, Pt Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Freddy, Rangkuti. 2017. Costumer Care Execellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hunger, J.D. dan Wheelen, T.L. 2012. Strategic Management and Bussiness Policy: Toward Global Sustainability (13th Edition). New York: Pearson.

Lianah. 2020. Budidaya Jamur Pangan Konsumsi Lokal. Semarang: CV ALINEA MEDIA DIPANTARA.

Nadziroh, Mi Rojun Nurun. 2020. Peran Sektor Pertanian Dalam Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Magetan. Jurnal Agristan. Vol 2 (1).

Rahmat. 2011. Untung Besar Bisnis Jamur Tiram. PT Agromedia Pustaka. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Situresmi, Ayu Rifka.2021. Peluang Usaha Adalah Kesempatan Dapat Keuntungan, Ini Pengertian dan Caranya. https://m.liputan6.com/ (diakses tanggal 15 Mei 2022).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.8882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: