ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI KESESUAIAN HARGA, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BANDENG C73 KARAWANG (Studi pada produsen olahan bandeng di Bandeng C73 Karawang)

Sri Rahmawati, Slamet Abadi, I Putu Eka Wijaya

Abstract


Gepuk bandeng merupakan salah satu produk olahan yang bahan dasarnya adalah ikan bandeng. Semakin banyak merek olahan ini membuat adanya perbedaan dari kesesuaian harga, citra merek dan kualitas produk, hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial variabel kesesuaian harga, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian gepuk Bandeng C73. Penelitian dilakukan pada konsumen di produsen olahan Bandeng C73 Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobabilitas sampling dengan sempel yang diambil yaitu 100 responden metode pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert dengan dilanjutkan menggunakan Metode Suksesif Interval. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan sebelumnya telah menghitung asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa kesesuaian harga, citra merek, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial pada taraf signifikansi 5% kesesuaian harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek bernilai negatif dan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Produsen Bandeng C73 dapat memperhatikan kesesuaian harga dan kualitas produk sehingga keputusan pembelian dapat meningkat, sedangkan citra merek memerlukan modifikasi seperti perubahan pada bentuk kemasan, warna kemasan, serta jenis huruf yang digunakan sehingga citra merek dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Keywords


citra merek, kesesuaian harga, kualitas produk, keputusan pembelian

References


Aditya, A., Kanthi, Y.A., & Aminah, S. (2022). Metode penelitian ilmiah dalam disiplin ilmu sistem informasi. CV ANDI OFFSET. Yogyakarta. Diakses pada 22 Agustus 2022 melalui

https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_ILMIAH_DALAM_DISIP/m7d4EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kriteria+uji+park&pg=PA88&printsec=frontcover

Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS (uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, uji t, uji F, R2). Guepedia. Jakarta. Diakses pada 07 Februari 2022 melalui

https://www.google.co.id/books/edition/STATISTIKA_PENELITIAN_MENGGUNAKAN_SPSS_U/acpLEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=statistika+penelitian+menggunakan+spss+budi+darma&printsec=frontcover

Fernandes, A.A.R., & Solimun. (2021). Analisis regresi dalam pendekatan fleksibel (ilustrasi dengan paket program R). UB Press. Malang. Diakses pada 06 September 2022 melalui

https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Regresi_dalam_Pendekatan_Fleksi/SKFgEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+analisis+regresi&pg=PR7&printsec=frontcover

Gunawan, C. (2020). Mahir menguasai SPSS panduan praktis mengolah data penelitian new edition buku untuk orang yang (merasa) tidak bisa dan tidak suka statistika. Deepublish. Yogyakarta. Diakses pada 07 Februari 2022 melalui

https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif_Konsep/zD4CEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=uji+white+adalah&pg=PA60&printsec=frontcover

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Terjemahan Bob Sabran. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Octhaviani, S., & Sibarani, H.J. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek Produk, Kualitas Produk, dan Harga Diskon terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi pada Penggunan Aplikasi Grab Food di Kota Medan. Jurnal SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business. 4 (3): 521-528. Diunduh pada 21 Agustus 2021 melalui

https://ojspustek.org/index.php/SJR/article/view/331

Purwanto, A.B., & Risaputro, H.B. (2021). Analisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen sari roti di Kota Semarang). Jurnal REKAN Riset Ekonomi, Akuntansi dan Perpajakan. 2(1): 77-88. Diunduh pada 21 Agustus 2021 melalui https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/rekan/article/view/1120

Rahmawati, I., & Iliyyin, R. (2021). Pengaruh motivasi, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian HP Oppo. Ilmiah Hospitality. 10(1): 103-112. Diunduh pada 01 Juli 2022 melalui

https://stp-mataram.e-journal.id/JIH/article/view/728/594

Rares, A., & Jorie, R.J. (2015). Pengaruh harga, promosi, lokasi, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Bengkel Gaoel Manado Town Square. Jurnal EMBA. 3(2): 592-604. Diunduh pada 21 Agustus 2021 melalui

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/8591

Teddy, A., & Zuliestiana, D.A. (2020). Pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Gofood di Kota Bandung. Jurnal e-Proceeding of Management. 7 (2): 5422-5428. Diunduh pada 21 Agustus 2021 melalui

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13766

Wicaksono, D.A., Sumarsono, H., & Santoso, A. (2019). Pengaruh citra merek (brand image), kualitas produk, dan desain produk terhadap keputusan pembelian pada produk batik mukti. Jurnal ekonomi, manajemen, dan akuntansi. 3(1): 81-89. Diunduh pada 10 Juli 2022 melalui

http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/isoquant/article/view/242/233

Wowor, C.A.S., Lumanauw, B., & Ogi, I.W.J. (2021). Pengaruh citra merek, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa di Kota Manado. Jurnal EMBA. 9(3): 1058-1068. Diunduh pada 21 Agustus 2021 melalui

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35233




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.8967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: