PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP TINGKAT KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA DI KOTA SALATIGA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ristya Desy Wardani, Yuliawati Yuliawati

Abstract


Ketahanan pangan untuk masyarakat berkaitan erat dengan ketersediaan pangan di suatu daerah. Pada awal Maret 2020, Indonesia dilanda wabah Covid-19 sehingga pemerintah melakukan upaya mencegah penularan dengan mengeluarkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Kebijakan ini menghambat banyak sektor, terutama sektor sosial dan ekonomi. Masyarakat dilarang untuk berkerumun dan meminalisir interaksi dengan orang lain, sehingga banyak masyarakat mengalami penurunan pendapatan karena kehilangan pekerjaan, pembatasan jam kerja, dan kegiatan jual beli yang terhenti. Hal ini berdampak pada perubahan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat, antara lain kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk bahan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketahanan pangan rumah tangga di Kota Salatiga  pada masa pandemi Covid-19 dan mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap tingkat ketahanan pangan rumah tangga di Kota Salatiga pada masa pandemi Covid-19.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana terhadap rumah tangga di kecamatan Sidorejo, jumlah sampel 50 rumah tangga. Tingkat ketahanan pangan diukur dari persentase pengeluaran pangan terhadap total pengeluaran rumah tangga. Variabel kondisi sosial ekonomi yang diduga memengaruhi ketahanan pangan adalah pendidikan ibu, pendapatan keluarga, jumlah tanggungan keluarga, dan harga bahan pokok beras. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Teknik analisis untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap ketahanan pangan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 60% rumah tangga di kota Salatiga termasuk rumah tangga tahan pangan, Variabel kondisi sosial ekonomi yang berpengaruh nyata dan signifikan terhadap tingkat ketahanan pangan rumah tangga adalah pendapatan keluarga, jumlah tanggungan keluarga, dan harga bahan pokok beras, sedangkan pendidikan ibu tidak berpengaruh terhadap tingkat ketahanan pangan rumah tangga.

Keywords


Ketahanan pangan, kondisi sosial ekonomi, pandemi Covid-19

References


Arifin, Zaenal. 2002. Kondisi Sosial Ekonomi Petani Tebu Di Desa Negara Batin Sungkai Selatan. Bandar Lampung: Unila.

Badan Ketahanan Pangan. 2021. Indeks Ketahanan Pangan 2021. Jakarta: Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian.

Baliwati, Yayuk Farida, Ali, and Meti. 2010. Pengantar Pangan Dan Gizi. Jakarta: Penebar Swadaya.

BPH UMY. 2020. “Ketahanan Pangan Indonesia Di Masa Pandemi.” 2020. https://www.umy.ac.id/ketahanan-pangan-indonesia-di-masa-pandemi.html.

Darwanto, Dwidjono H. 2009. “Ketahanan Pangan Berbasis Ketersediaan Produk Dari Petani Subsisten.” Ilmu Pertanian 12 (2): 152–64.

Gugus Penanganan. 2020. “Penanganan Pandemi Covid-19” 19: 32. https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019.pdf.

Ilham, and Sinaga. 2004. Penggunaan Pangsa Pengeluaran Pangan Sebagai Indikator Komposit Ketahanan Pangan. Bogor: Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Bogor.

Kementerian Kesehatan. 2020. “Status Wabah Corona Di Indonesia Ditetapkan Sebagai Bencana Nasional.” 2020. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20200315/3633379/status-wabah-corona-indonesia-ditetapkan-bencana-nasional/.

Misno, Abdurrahman. 2020. “Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dan Dampaknya Bagi Lembaga Keuangan Syariah.” 2020. https://inais.ac.id/psbb-dan-dampaknya-bagi-lembaga-keuangan-syariah/.

Purwaningsih. 2011. “Analisis Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan 11 (1): 1–35.

Rachman, Handewi, Ariani, and Purwantini. 2005. Distribusi Provinsi Di Indonesia Menurut Derajat Ketahanan Pangan Rumah Tangga. Bogor: Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Rusyantia, A., D. Haryono, and E. Kasymir. 2010. “Kajian Ketahanan Pangan Rumah Tangga Pedesaan Dalam Upaya Peningkatan Status Gizi Masyarakat Di Kabupaten Lampung Selatan Household Food Security Assessment in Rural Communities Improving Nutritional Status in South Lampung Regency.” Penelitian Pertanian Terpadu 10 (3): 171–84.

Syaifullah, Yunan. 2008. “Kebijakan Pangan Di Indonesia : Antara Swasembada Pangan Dan Kecukupan Pangan.” Jurnal Ilmiah Bestari 21 (38): 9–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.8992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: