ANALISIS MANFAAT KOPERASI LKMA SIDO JAYA ABADI KECAMATAN PENAWARTAMA KABUPATEN TULANG BAWANG

Alifp Bayu Santoso, Dyah Aring Hepiana Lestari, Lina Marlina

Abstract


Koperasi merupakan sebuah lembaga yang menunjang perekonomian masyarakat dan langsung bersentuhan dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah.  Koperasi memberikan manfaat kepada anggotanya yaitu manfaat ekonomi dan manfaat non ekonomi.  Manfaat ekonomi terdiri dari manfaat ekonomi langsung dan manfaat ekonomi tidak langsung.  Manfaat non ekonomi berupa kepuasan anggota, diukur berdasarkan kepuasan anggota terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh koperasi.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat ekonomi dan tingkat kepuasan yang dirasakan anggota koperasi terhadap pelayanan Koperasi LKMA Sido Jaya Abadi. Metode yang digunakan adalah metode survei. Responden penelitian ini yaitu anggota Koperasi LKMA Sido Jaya Abadi yang berjumlah 51 anggota yang diambil secara simple random sampling dari total anggota koperasi yang berjumlah 570 anggota.  Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret sampai April 2022. Analisis data yang digunakan adalah perhitungan Total Manfaat Ekonomi dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan manfaat ekonomi langsung sebesar Rp 1.760.098,00 dan manfaat ekonomi tidak langsung sebesar Rp 2.936.078,00 sehingga total manfaat ekonomi koperasi yang diterima oleh anggota sebesar Rp 4.696.176,00 / tahun.  Total Manfaat Ekonomi termasuk dalam kategori besar.  Perhitungan CSI mendapatkan hasil 72,52% yang berarti bahwa tingkat kepuasan anggota koperasi berada pada kategori puas.

Keywords


manfaat ekonomi, kepuasan anggota, koperasi, CSI

References


Budiawati, N. 2008. Mengapa Harus Koperasi. UPI. Bandung.

Dinata, A. S., Lestari D.A.H., dan Yanfika H. 2014. Pendapatan petani jagung anggota dan non anggota Koperasi Tani Makmur Desa Natar Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis. Vol 2 : 206-213.

Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian. 2013. Pedoman Pengembangan LKM-A Gapoktan PUAP. Direktorat Pembiayaan Pertanian. Jakarta.

Febrina, D., Lestari, D. A. H., dan Nurmayasari, I., 2018. Analisis Manfaat Koperasi Dan Tingkat Partisipasi Anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Subur Makmur Sejahtera Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah. Universitas Lampung. Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 7(1), 91-98.

Handayani, R. 2018. Tingkat Kepuasan Anggota dan Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Jaya Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Lampung.

Jakiyah, U. 2011. Analisis Partisipasi Anggota dan Kinerja Koperasi Unit Desa Sumber Alam (Studi Kasus Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). IPB. Bogor.

Mantra, I. B. 2004. Demografi Umum. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Mustofa, R., Lestari, D. A. H., dan Affandi, M., I. 2021. Analisis Manfaat Ekonomi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Pengembalian Kredit (Studi Kasus pada Koperasi Pertanian Seandanan Kabupaten Pesawaran). Universitas Lampung. Lampung. Journal of Agribusiness Science, 9(3).

Najib, M. A., dan Idris, I. 2014. Analisis Faktor–faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Terhadap Penggunaan Jasa Koperasi Simpan Pinjam (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Sanggar Bina Usaha Temanggung). Universitas Diponegoro. Jawa Barat. Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Nurmavina, T.W., Soedarto, T., dan Amir, I.T. (2021). Tingkat Kepuasan Petani terhadap Penggunaan Benih Jagung Hibrida di Desa Singkalan Kecamatan Balongbenda Kabupaten Sidoarjo. Jurnal AGROINFO Galuh, 8 (3): 783-795.

Seta, A. P., Lestari, D. A. H., Situmorang, S. Manfaat Ekonomi dan Non Ekonomi Koperasi Gunung Madu (Kgm) di PT Gunung Madu Plantations (PT GMP) Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 4(2): 168-177.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV. Alfabeta. Bandung.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Wiandhani, N., Lestari, D. A. H., dan Soelaiman, A. 2016. Analisis Manfaat Ekonomi dan Non Ekonomi Koperasi Perikanan ISM Mitra Karya Bahari. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 4(1):40-47.

Yasmin, A. A., Lestari, D. A. H., dan Affandi, M. I. 2019. Strategi Pengembangan Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Gapoktan Sari Makmur Kecamatan Metro Timur Kota Metro. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis. 7(1), 83-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.9004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: