ANALISIS NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI KERIPIK PISANG (Studi Kasus pada Agroindustri Keripik Pisang Karya Ayu di Desa Pusakanagara Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis)

Asep Nurdiyana, Iwan Setiawan, SUDRADJAT SUDRADJAT

Abstract


Sebagai sebuah usaha peningkatan nilai tambah komoditas berbasis komunitas, agroindustri sangat prospektif, tetapi sebagian besar pelakunya abai terhadap analisis kelayakan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan pengolahan pisang menjadi keripik pisang; dan (2) Besarnya nilai tambah pengolahan pisang menjadi keripik pisang. Penelitian yang berjenis kualitatif dan bermetode studi kasus ini dilaksanakan di Agroindustri Keripik Pisang Karya Ayu Desa Pusakanagara Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis selama bulan november sampai bulan Desember. Lokasi dan informan penelitian dipilih secara sengaja, karena memproduksi keripik pisang dalam jumlah cukup besar, dan usahannya sudah berjalan selama 12 tahun. Data primer diperoleh dari informan melalui wawancara mendalam dengan menggunakan panduan wawancara. Data primer yang terkumpul dianalisis secara deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Biaya yang dikeluarkan oleh agroindustri keripik pisang dalam satu kali proses produksi sebesar Rp Rp 8.460.758, sedangkan penerimaan Rp 9.900.000, dan pendapatan Rp 1.439.242; dan (2) Nilai tambah yang diperoleh agroindustri keripik pisang sebesar Rp 2.030,57 per kilogram dalam satu kali proses produksi.

Keywords


Keripik Pisang, Pendapatan, Nilai Tambah

References


Angriani, Uun, Alimudin Laapo, and Dafina Howara. "Analisis nilai tambah keripik pisang pada industri cahaya indi di Desa Tanamea Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala." Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian 21.2 (2014): 115-121.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. 2017. Rencana Strategis. Ciamis

Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Ciamis. 2014. Potensi Industri di Kabupaten Ciamis 2014. Ciamis. Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Ciamis.Ciamis.

Ismini, I. (2010). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Keripik Singkong di Perusahaan “Mickey Mouse “di Malang. Agrika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2), 23237.2. Buku Coelli, T., Rao, D.S.P., & Battese, G.E. Jakarta.

Ken Suratiyah. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Depok.

Ken Suratiyah. 2015. Ilmu Usahatani (Edisi Revisi). Penebar Swadaya Grup




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.9076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: