ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN BUAH NAGA DI DESA MAJINGKLAK KECAMATAN WANAREJA KABUPATEN CILACAP (Studi Kasus di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap)
Yulida Avan Rifai, Dini Rochdiani, Agus Yuniawan Isyanto
Abstract
Yulida Avan Rifai, 2021. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Buah Naga di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Studi Kasus di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Di bawah bimbingan Dini Rochdiani dan Agus Yuniawan Isyanto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Saluran pemasaran buah naga dari produsen sampai ke pengecer, 2). Besarnya marjin pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran pada proses pendistribusian buah naga dari produsen ke konsumen, 3). Besarnya keuntungan pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran pada proses pendistribusian buah naga dari produsen ke pengecer, 4). Presentase harga yang diterima petani (Farmer’s share) dalam proses pendistribusian buah naga, dan 5). Efisiensi saluran pemasaran buah naga. Penelitian ini di laksanakan di Desa Majingklak sebagai lokasi yang mengelola budidaya buah naga di Kabupaten Cilacap. Informan dalam penelitian ini adalah 34 petani, 5 pedagang pengumpul, 1 pedagang besar, dan 9 pdagang pengecer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 2 saluran pemasaran yaitu 1). Saluran I : petani, pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer, konsumen. 2). Saluran II : petani, pedagang pengumpul, pedagang pengecer, konsumen. Marjin pemasaran untuk saluran I sebesar Rp. 4.000/kg dan saluran II sebesar Rp. 4.000/kg. Tingkat efisiensi pemasaran buah naga terletak pada saluran II yang paling efisien dibandingkan saluran I, karena mempunyai nilai efisien lebih rendah (49%), dibandingkan saluran I (56%).
Keywords
Buah Naga, Saluran Pemasaran, Margin, Keuntungan, Farmer’s Share, Efisiensi.
References
Aryanto. 2006. Merekontruksi Paradigma Gender. Dari https://AryantoAbidin,blogspot.com/atom.xml.2:2010. (4 Juli 2012).
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Direktorat Jenderal Hortikultura (2007) Rujukan Pengembangan Agribisnis Hortikultura TA 2007, Departemen Pertanian.
Creswell, John W. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.
Nasehudin, dkk. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.9127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: