EFISIENSI PEMASARAN KARET ANGGOTA UPPB DAN NON ANGGOTA UPPB DI KECAMATAN SENTAJO RAYA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Isro Nadiyah, Evy Maharani, Shorea Khaswarina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran karet anggota UPPB dan non anggota UPPB dengan menganalisis saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran dan farmer share di Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode survei yaitu dengan melakukan wawancara langsung kepada petani. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara pusposive sampling dengan kriteria petani yang tergabung dalam anggota UPPB dan yang tidak tergabung dalam anggota UPPB. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 60 petani, dimana 30 petani anggota UPPB dan 30 petani non anggota UPPB Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 3 saluran pemasaran karet dengan dua sistem yang berbeda yaitu melalui UPPB dan non UPPB. Saluran pemasaran I melibatkan petani, Unit pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) dan pabrik. Saluran pemasaran II melibatkan petani, pedagang pengumpul dan pabrik. Saluran pemasaran III melibatkan petani, pedagang pengumpul, pedagang besar dan pabrik. Efisiensi saluran pemasaran I sebesar 2,63%, saluran pemasaran II sebesar 11,84%, dan saluran pemasaran III sebesar 18,89%. Berdasarkan hasil penelitian karet di Kecamatan Sentajo Raya saluran I dinilai lebih efisien karena diperoleh nilai efisiensi terkecil, karena semakin kecil nilai efisiensi maka pemasaran yang dilakukan semakin efisien.

Keywords


Pemasaran, karet, petani, efisiensi.

References


Asmarantaka, R. W. (2014). Pemasaran

Agribisnis. IPB Press.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2020). Indonesia Dalam Angka 2020.

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau. (2020). Riau Dalam Angka 2020.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi. (2020). Kabupaten Kuantan Singingi Dalam Angka 2020.

Fatmawati dan Zulham. (2019). Analisis Margin Dan Efisiensi Saluran Pemasaran Petani Jagung (Zea mays) Di Desa Suka Makmur Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Agriculture Technology Journal, 2(1):19-29.

Hasanah, L., Suryadi, U., & Widhijanto, W. (2017). Analisis Saluran Distribusi dan Margin Pemasaran Telur Itik di Kabupaten Situbondo. Jurnal Ilmu Peternakan Terapan, 1(1): 25–30.

Mariyono, J., Waskito, J., Kuntariningsih, A., Gunistiyo, & Sumarno. (2019). Distribution Channels of Vegetable Industry in Indonesia: Impact on Business Performance. International Journal of Productivity and Performance Management, ahead-of-p (ahead-of-print).

Naibaho, P. (2015). Analisis Ekspor Karet dan Pengaruhnya Terhadap PDRB Di Provinsi Jambi. Jambi. e-Jurnal Perdagangan, Industri dan Moneter, 3(1) ISSN: 2303-1204.

Rosmawati, H. (2011). Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Agronobis, 3(5): 1-9.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung. Indonesia.

Suryanto. (2018). Analisis Keberdayaan Ekonomi Petani Karet Pada Sistem Pemasaran Lelang dengan Sistem Pemasaran Konvensional di Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Universitas Riau.

Sutrisno, A., Efendy, & Husni, S. (2015).. Analisis Ekonomi dan Pemasaran Agroindustri Telur Asin di Kota Mataram. Agrimansion, 16(1):16-31.

Soekartawi. (2002). Teori Agribisnis dan Aplikasinya. Penerbit PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tomek GW, and Robinson KL. (1990). Agricultural Product Prices. Ithaca: Cornell University Press.

Widianti, Noor , & Goni. (2008). Agribisnis

Tanaman Perkebunan. Penebar Swadaya Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.9144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: