ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHATANI SAYUR DENGAN MENGGUNAKAN SCREEN HOUSE DAN TANPA SCREEN HOUSE

Salsabila Nandira Nugroho, Tinjung Mary Prihtanti, Djoko Murdono

Abstract


Screen house merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk budidaya tanaman hortikultura dengan tujuan untuk mengurangi adanya serangan hama dan penyakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan produktivitas dan pendapatan, nilai R/C, BEP dan Payback Period antara sayuran yang dibudidayakan menggunakan screen house dan tanpa menggunakan screen house pada komoditas pakcoy, selada merah, selada hijau, dan head lettuce. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) dengan 2 perlakuan dan 4 ulangan. Secara agornomi data analisis menggunakan sidik ragam Rancangan Petak Terbagi (RPT), dilanjutkan menggunakan sidik ragam Rancangan Acak Kelompok (RAK) pada taraf 1% dan 5% dan Uji BNT. Secara ekonomis, data dianalisis menggunakan rumus perhitungan kelayakan usahatani dengan menggunakan tingkat harga jual yang berlaku di pengepul. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Budidaya dengan menggunakan screen house tidak berpengaruh nyata terhadap tanaman pakcoy dan berpengaruh nyata pada tanaman selada hijau, selada merah dan head lettuce. 2) Produktivitas yang dibudidayakan menggunakan screen house menghasilkan nilai yang lebih tinggi 20,53% dari budidaya tanpa menggunakan screen house. 3) Pendapatan usahatani sayuran dengan teknik budidaya menggunakan screen house menghasilkan nilai yang lebih tinggi 60,2%. 4) R/C menunjukkan komoditas yang layak dibudidayakan menggunakan screen house adalah selada merah dengn nilai R/C sebesar  2,30 dan nilai R/C head lettuce sebesar 1,50. 5) Nilai Payback Period (PP) usahatani menggunakan screen house untuk budidaya 4 jenis sayuran adalah 1 tahun 2 bulan dan nilai Payback Period (PP) usahatani menggunakan screen house untuk budidaya 4 jenis sayuran adalah 1 bulan

Keywords


Screen House; Sayuran; Produktivitas; Pendapatan; Kelayakan Usaha

References


Boudoin, WO & Zabeltitz, VC .2002. ‘Greenhouse constructions for small farmers in tropical regions’, Proc. Int. Soc. on Tropical Subtropical Greenhouses, Acta Hort., no. 578, pp. 171-9

Gunadi, N dan Sulastrini, I. 2013. Penggunaan netting house dan mulsa plastik untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah. Jurnal . Hortikultura. Vol (22): 36-46.

Hamjaya, R. G., Rukmana, D., & Lumoindong, Y. 2022. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Tukar Petani Tanaman Hortikultura Di Sulawesi Selatan. Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian. Vol 7(1).

Husni,dkk. 2014. Analisis finansial usahatani cabai rawit (Capsicum frutescens) di Desa Purwajaya Kecamatan Loa Janan. Jurnal ARIFOR. Vol 13(1) : 49-52.

Mangkuprawira S dan Aida V. Hubeis. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Moekasan, TK dan Prabaningrum. 2012. Penggunaan rumah kasa untuk mengatasi serangan organisme pengganggu tumbuhan pada tanaman cabai merah di dataran rendah. Jurnal Hort. Vol 22(1): 66-76.

Sarwono. 2002. Menghasilkan Anggrek Potong Kualitas Prima. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Setiyo, Y., Sumiyati, S., & Yuliasih, N. P. 2019. Analisis Iklim Mikro di Greenhouse dengan Atap Tipe Arch untuk Budidaya Bunga Krisan Potong. Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian Agrotechno, 4(1), 24-34.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia(UI-Press). Jakarta.

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Jakarta : Penebar Swadaya.

Zaman, Nur, dkk. 2020. Ilmu Usahatani. Medan: Yayasan Kita Menulis




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.9150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: