ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) ROTTE BAKERY (Studi Kasus Rotte Bakery Soebrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru)

Yusmini Yusmini, Susy Edwina, Evy Maharani, Desty Inayatul Munawaroh, Vera Riantika Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan finansial, sensitivitas dan persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran Rotte Bakery Soebrantas di Kecamatan Tampan Kota pekanbaru. terhadap perubahan tingkat produksi, harga input dan harga output suatu usaha diversifikasi kelapa Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data kriteria investasi yang digunakan adalah Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C) dan Internal Rate of Return (IRR). Analisis data persepsi konsumen yaitu menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan : Usaha Rotte Bakery pada tingkat suku bunga 6% dan periode usaha 8 tahun adalah layak untuk dijalankan dan dikembangkan, dengan nilai NPV sebesar Rp.6.123.213.774, Net B/C sebesar 3 dan nilai IRR lebih tinggi dari tingkat suku bunga yaitu 46,03%. Usaha Rotte Bakery layak dijalankan secara finansial berdasarkan hasil analisis sensitivitas. Persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran Rotte Bakery Soebrantas meliputi produk, harga, distribusi/tempat, promosi dan pelayanan. Variabel produk dengan skor 4,07 dengan kategori baik, harga dengan skor 4,11 kategori baik, distribusi dengan skor 4,12, promosi dengan skor 3,92 dan pelayan pada skor 4,14.

Keywords


bauran pemasaran, kelayakan finansial, persepsi konsumen, Rotte Bakery Soebrantas

References


Ardana, K. (2008). Perilaku Keorganisasian. Graha Ilmu.

Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran. In Rajawali Pers.

Evaliza, D. (2014). Analisis finansial tanaman aren di nagari andaleh baruh bukik kecamatan sungayang kabupaten tanah datar. Jurnal Agribisnis Kerakyatan, 4(1), 36–46.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. CV Alfabeta.

Ibrahim, Y. (2009). STUDI KELAYAKAN BISNIS (revisi). rineka cipta.

Kasmir, J. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Kencana.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 3. Penerbit Indeks.

Lupiyoadi, Rambat, dan D. A. H. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Indeks.

Mulyani, U., Yusmini, dan S. E. (2016). Analisis Kelayakan Finansial Usaha Agroindustri Tahu (Studi Kasus Agroindustri Tahu Bapak Warijan di Desa Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu). Jom Faperta, 3(1).

Pasaribu, A. M. (2012). Perencanaan Proyek dan Evaluasi Proyek Agribisnis. Lily Publisher.

Pujawan, I. . (2004). ekonomi Teknik. Penerbit Gina Widya.

Sunyoto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Cetakan pe). CAPS.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.9180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: