BAURAN PROMOSI PRODUK SIRUP MARKISA PADA CV. NUH AURORA MAKASSAR

Sumarni B, Rasdiana Mudatsir, Amruddin Amruddin, Siti Wardah

Abstract


Promosi merupakan penyampaian informasi dari produsen ke konsumen terkait produk yang akan dijual dan sangat mempengaruhi keputusan pembelian seorang konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran promosi yang digunakan CV. Nuh Aurora dalam mempromosikan produk sirup markisa. Lokasi penelitian adalah CV. Nuh Aurora Makassar yang berlokasi di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Data penelitian ini adalah data primer dan sekunder, sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran promosi yang digunakan oleh CV. Nuh Aurora dalam mempromosikan sirup markisa ada tiga yaitu: (1) promosi melalui event-event, baik itu acara pameran dan festival; (2) promosi melalui brosur dengan menggunakan brosur cetak dan brosur online; (3) promosi melalui media digital, baik melalui media internet dan media sosial atau jejaring sosial. Adapun media yang digunakan yaitu: Instagram, Whatshap, Website, Facebook, Shopee, Google, mojok.co, JD.ID, IDalamat.com.Kata Kunci : Bauran Promosi, Sirup Markisa

Keywords


Bauran Promosi, Sirup Markisa

References


Faisal Reza. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi 4 (1) : 64–74.

Heninda E. P., Apriatni EP., & Agung B. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sirup Freiss Indofood (Studi Kasus pada Konsumen Sirup Freiss Indofood di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 4 (4) : 50-57.

Ihsanudin, Iwan S., & Agus Y. I. (2022). Analisis Pemasaran Ayam Sentul di Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 9 (1) : 306-312.

Jeni G., Iwan S., & Budi S. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Belimbing (Averrhoa carambola L.) (Studi Kasus Pada Agrowisata Belimbing di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 9 (2) : 422-430.

Lia K., Trisna I. N., & Tiktiek K. (2022). Saluran dan Marjin Pemasaran Belimbing Madu (Averrhoa Carambola L) (Studi Kasus di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 9 (1) : 97-104.

Marceline L. H., & Wirawan E. D. R. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. Jurnal Performa (Manajemen dan Start-up Bisnis) 1 (1) : 87-96.

Parmadi, Dwi H., Erfit, Rahma N., & Selamet R. (2021). Strategi Branding Sirup Kayu Manis sebagai Minuman Khas Desa Renah Alai Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. Jurnal Studium (Pengabdian kepada Masyarakat) 1(2): 53-62.

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Jurnal Tematik (Teknologi Informasi dan Komunikasi), 8 (1) : 29–44.

Rahmat G., Muhammad N. Y., & Trisna I. N. (2022). Analisis Saluran Pemasaran Kopi di Desa Bangunkarya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 9 (2) : 733-738.

Ramsiah T. (2015). Strategi Promosi Periklanan yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2 (1) : 107-116.

Resty A. H. (2013). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado. Jurnal EMBA, 1 (4) : 1465-1473.

Rikawati G. M., Nataliana S., & Eka P. S. (2021). Strategi Pemasaran Sirup Markisa Sinabung Sebagai Produk Kearifan Lokal Tanah Karo. Jurnal Regionomic 3 (4) : 50-57.

Sheila A. H., Nuriah Y., & Mubarokah. (2022). Strategi Pemasaran Jenang Jubung Sebagai Jajanan Tradisional Khas Kota Gresik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 9 (1) : 133-151.

Shimp A. T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Salemba Empat, Jakarta.

Siti K., & Raisa P. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. Jurnal Caradde (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1 (1) : 36-43.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung, ID: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.9288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: