MARKETING ANALYSIS OF OIL PALM ON INDEPENDENT FARMERS IN BATANG CENAKU DISTRICT, INDRAGIRI HULU REGENCY

Sunarti Sunarti, Yusmini Yusmini, Susy Edwina

Abstract


Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi yang membudidayakan perkebunan kelapa sawit. Salah satu permasalahan utama dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit di Riau, khususnya di Kecamatan Batang Cenaku adalah aspek pemasaran, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran yang menguntungkan bagi petani serta margin dan efisiensi pemasaran kelapa sawit swadaya di Kecamatan Batang Cenaku. (2) bagaimana hubungan kelembagaan ekonomi antara petani dengan lembaga pemasaran atau pedagang kelapa sawit swadaya di Kecamatan Batang Cenaku. Teknik proporsional sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Ada 43 petani dan 13 pedagang. Sampel pedagang diambil berdasarkan saluran yang dilalui. Hasil penelitian menemukan bahwa saluran pemasaran yang paling menguntungkan dan paling efisien adalah saluran pemasaran I karena memiliki margin pemasaran yang lebih kecil yaitu sebesar Rp 308,00 per Kg dengan efisiensi pemasaran sebesar 6,38% dibandingkan saluran pemasaran II yaitu sebesar Rp461. per Kg, saluran pemasaran III sebesar Rp 467,00 per Kg dan saluran IV Rp 633,00. Hubungan kelembagaan ekonomi antara petani dan pedagang dapat dilihat dari struktur kewenangan kelembagaan yaitu “longgar-kurang terkontrol”, diferensiasi pekerjaan adalah “kecil-menengah”, jaminan subsistensi adalah “sedang-tinggi”, simbol interaksinya adalah “kepercayaan pribadi”. ", penguasaan modal "kecil-menengah", insentif teknologi relatif "kecil-menengah", sistem bagi hasil "sedang", penentuan harga pokok yaitu "menengah-tinggi", integrasi horizontal "lemah", dan integrasi vertikal adalah "tinggi".

Keywords


palm oil, marketing, efficiency, economic institutional relations

References


Anantanyu, S. 2011. Kelembagaan petani: peran dan strategi pengembangan kapasitasnya. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (SEPA). 7(2): 102-109.

Ardiyanti, F. 2019.Analisis Penetapan Harga Jual Kelapa Sawit Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin). Universitas Muhammadiyah. Yogyakarta.

Asmarantaka, R.W., J. Atmakusuma, Y.N. Muflikh., N. Rosiana. 2017. Konsep Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi Dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia. 5(2): 143-164.

Edwina, S., Jumatri, Y., Yusmini., Evi, M. 2019. Kajian Perbandingan Produktivitas dan Pendapatan Perkebunan Pola Sistem Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit (Siska) dengan Perkebunan Tanpa Pola Siska Di Kabupaten Siak. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 5(1): 90-103.

Firmansyah, H., Ahmad. Y. K. 2020. Komunikasi Pekebun Dalam Pemasaran Tandan Buah Segar (Tbs) Kelapa Sawit Perkebunan Rakyat Di Lahan Basah Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Lambung Mangkurat. 5(3): 88-94.

Martin. E., Didik. S., Dudung. D., Satyawan. S., Bondan. W.2016. Etika Subsistensi Petani Kopi: Memahami Dinamika Pengembangan Agroforestri Di Dataran Tinggi Sumatera Selatan. Jurnal Sosiologi Pedesaan. Hal 92-102.

Ndraha, M. D. 2014. Analisis Kelembagaan Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Pola Plasma Menghadapi Pasar Global Di Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Universitas Riau. Pekanbaru.

Pahan Iyung. 2010. Panduan Lengkap Kelapa Sawit. Jakarta: Penebar Swadaya.

Paramitha. N. A., Sulomo. 2018. Posisi Tawar Petani Dalam Transaksi Ekonomi Pertanian. Jurnal Analisa Sosial. 7(1): 70-84.

Parel, C.P, G.C Caldito, P.L Ferre, G.G De Guzman, C.C Sinsioco, dan R.H Tan. 1973. Sampling Design and Procedure. PSSC. Philippine.

Pranadji, T. 2003. Diagnosa kerapuhan kelembagaan perekonomian pedesaan. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi. 21(2):128-142

Pratama, A. 2018. Analisis saluran pemasaran tandan buah segar (TBS) kelapa sawit pada petani swadaya di Desa Simpang Kelayang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Ilmiah Pertanian. 12(2): 1-9.

Roosganda, E. 2008. Diagnosa Kemarjinalan Kelembagaan Lokal untuk Menunjang Perekonomian Rakyat di Pedesaan. Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertanian Bogor. Bogor.

Setiawan, E. (2017). Konstruksi Sosial Pembagian Kerja Dan Pengupahan Buruh Tani. YINYANG. Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak. 12(1): 19–34.

Sugiyono, S. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Syaputra. A. 2018. Hubungan Sosial Patron Klien Antara Tauke Sawit Dan Petani Sawit Di Desa Menggala Teladankecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Online Mahaiswa FISIP. 5(1): 1-14.

Zaman, K., Kausar. 2011. Analisis Hubungan Patron-Klien (Studi Kasus Hubungan Toke Dan Petani Sawit Pola Swadaya Di Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu). Jurnal Indonesian Journal




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.9323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: