FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI DESA MUARA UWAI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Novia Tulaina, Yeni Kusumawaty, Susy Edwina

Abstract


Tanaman padi merupakan salah satu bahan pangan yang berperan cukup penting dalam perekonomian yaitu sebagai bahan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari maupun sebagai mata pencaharian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani padi sawah dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi sawah di Desa Muara Uwai. Analisis pendapatan diperlukan untuk menggambarkan keadaan kegiatan usahatani saat ini, untuk menggambarkan status rencana atau tindakan masa depan, dan untuk membantu mengukur keberhasilan usaha yang sedang berjalan, dengan harapan pendapatan yang diperoleh petani melalui usahatani akan meningkat.. Responden yang dipilih merupakan petani yang memiliki lahan ≥ 250 m² dan lahan yang digunakan petani merupakan lahan milik sendiri dengan metode purposive sampling. Dimana jumlah sampel sebanyak 36 responden. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan asositif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi, biaya produksi, dan harga secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan petani padi sawah di Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.

Keywords


Pendapatan, produksi, biaya produksi, harga

References


Afrizal & Usman. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Pendapatan Petani Padi (Studi Kasus Pada Petani Pemilik Lahan Desa Blang Pha, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara). Jurnal Ekonomi Pertanian Unimal, 2(2): 84-92.

Asriani. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi di Kabupaten Wajo. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Bahruddin. (2020.) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1): 17-28.

Dimyati & N. Kartika. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Beras Hitam Di Kecamatan Waluran Dan Ciemas. Jurnal Ilmiah Pertanian, 7(1).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Irawati.( 2019). Analisis Pendapatan Petani Padi Sawah Di Desa Kuala Mulia Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1): 97-110.

Ramdhani, K. T., Pellokila, M. R., & Sirma, N. (2019). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pendapatan Usahatani Padi Sawah (Studi Kasus Gapoktan Tunmoni, Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang). Buletin Ilmiah IMPAS, 20(2).

Roidah, I. S. (2015). Analisis Pendapatan Usahatani Padi Musim Hujan dan Musim Kemarau (Studi Kasus di Desa Sepatan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung). Jurnal Agribisnis, 11(13): 45-55.

Suratiyah, K. (2015). Ilmu Usahatani Edisi Revisi. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D Alfabeta. CV, Bandung.

Tahuna, T. K., Kalangi, J. B., & Tolosang, K. D. (2021). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Pala Di Kecamatan Siau Barat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Jurnal EMBA, 9(1): 581-588.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.9326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: