HUBUNGAN EFEKTIVITAS DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI DENGAN PENERAPANNYA PADA USAHATANI MENDONG

Suyudi Suyudi, Zulfikar Noormansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas distribusi pupuk bersubsidi yang mengacu pada prinsip empat tepat (tepat harga, tepat jumlah, tepat tempat, dan tepat waktu), untuk mengetahui penerapan pupuk bersubsidi yang dilakukan oleh petani mendong dan untuk mengetahui hubungan antara efektivitas distribusi pupuk bersubsidi dengan penerapan pupuk bersubsidi. Metode yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian dilakukan di Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Analisis Deskriptif kualitatif untuk menjawab tujuan pertama dan kedua, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara efektivitas distribusi pupuk bersubsidi dengan penerapan pupuk bersubsidi pada usahatani mendong secara simultan menggunakan uji Konkordansi Kendall W dan pengujian secara parsial digunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Variabel distribusi pupuk bersubsidi masuk dalam kategori efektif. Indikator tepat harga termasuk pada kategori tidak efektif, serta indikator tepat jumlah, tepat tempat, dan tepat waktu termasuk pada kategori efektif, 2) Variabel penerapan pupuk bersubsidi termasuk pada kategori tepat. Indikator tepat jenis termasuk kategori tepat, tepat dosis termasuk kategori cukup tepat, tepat cara termasuk kategori tepat, dan tepat waktu termasuk kategori tepat dan 3) Terdapat hubungan secara simultan antara efektivitas distribusi pupuk bersubsidi dengan penerapan pupuk bersubsidi. Secara parsial, indikator tepat harga dan tepat tempat masing-masing tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan penerapan pupuk bersubsidi. Sedangkan indikator tepat jumlah dan tepat waktu masing-masing memiliki hubungan yang signifikan dengan penerapan pupuk bersubsidi dan memiliki tingkat keeratan hubungan yang sedang.

References


Abdullah, P. M. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Aliyah. 2018. Hubungan Efektivitas Distribusi Pupuk Urea Bersubsidi. Societa, 104–117.

Amir, A., Junaidi, & Yulmardi. 2009. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Penerapannya. Bogor: IPB Press

Darwis, V., & Supriyati, N. 2016. Subsidi Pupuk: Kebijakan, Pelaksanaan, dan Optimalisasi Pemanfaatannya. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, 11(1), 45-60.

Hulyatussyamsiah, N. S., Hartono, R., & Anwarudin, O. 2019. Adopsi pemupukan berimbang mendong sawah melalui penggunaan urea berlapis arang aktif di majalengka. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 14(2), 1–17.

Julianti Marbun, Sudarmandji dan Slamet Suprayogi. 2016. Penurunan Budidaya Mendong (Heleocharis chaetaris boek. L) Sebagai Bahan Baku Kerajinan Tangan di Padukuhan Kulon dan Plembon Desa Sendangsari, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Majalah Geografi Indonesia, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, ISSN 0125-1790, MGI Vol 30, No: 1 Maret 2016.

Kholis, I., & Setiaji, K. 2020. Analisis Efektivitas Kebijakan Subsidi Pupuk Pada Petani Mendong. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 503–515.

Mulia, F. 2016. Implementasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Wilayah Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Universitas Muhammadyah Jember

Peraturan Menteri Perdagangan. 2020. Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian. No. 17/MDAG/PER/6/2011

Peraturan Menteri Pertanian. 2007. Pemupukan N,P dan K Mendong Spesifik Lokasi. No. 40/Permentan/OT.060/4/2007.

Ramlayana, R.,& Ansari, M. I. 2020. Efektivitas Penyaluran Pupuk Bersubsidi Bagi Petani Mendong Di Desa Langi Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone. Kajian Ilmiah Mahasiswa, 1(4).

Riduwan & Akdon . 2005. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sugeng Purwanto dan Sugiharti Mulya Handayani. 2006. Prospek Pengembangan Mendong di Kabupaten Sleman. Jurnal Sepa: Vol.2 No. 2 Tahun 2006

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta, CV.

Suryana, A., Agustian, A., & Yofa, R. D. 2016. Policy Alternatives on Subsidized Fertilizer Distribution for Food Farmers. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, 14(1), 35–54.

Suyudi dan Nuryaman H. 2019. Usahatani Mina Mendong dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Petani. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis III “PERDAGANGAN KOMODITAS PERTANIAN DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN” Program Studi Agribisnis, FAkultas Pertanian Universitas Galuh, 27 April 2019. ISSN 2685-2233

Wulandari, K., & Ahmad Fanani. 2018. Sistem Saluran Distribusi Pupuk Bersubsidi di PT. TMP, Kabupaten Tuban Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.9356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: