ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHATANI PEPAYA CALIFORNIA (Studi Kasus di Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai)

Gebby Usiska, Yusmini Yusmini, evy maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan finansial dan sensitivitas terhadap perubahan harga input usahatani pepaya California usaha Pak Yasir di di Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Informan pada penelitian ini adalah pemilik usaha pepaya California yaitu Pak Yasir dengan luas lahan 1,5 ha. Analisis data kriteria investasi yang digunakan adalah Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C) dan Internal Rate of Return (IRR). Hasil penelitian menunjukkan : Usahatani pepaya California ini layak dijalankan karena memiliki nilai NPV positif sebesar Rp.47.018.073, nilai Net B/C lebih besar dari nol yaitu 2,18 dan nilai IRR lebih besar dari Social Opportunity Cost of Capital (SOCC) yaitu 70,10%. Usahatani pepaya California masih layak untuk dijalankan apabila terjadi kenaikan harga input pupuk kimia sebesar 8% dan pupuk kandang sebesar 20%.

Keywords


pepaya California, kelayakan finansial, usahatani.

References


Dwijatenaya, I. B. M. A., Nugroho, A. E., & Iskandar, A. (2019). Usahatani Pepaya California: Analisis Kelayakan Finanasial Suatu Studi Kasus Di Desa Bendang Raya Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara. Ziraa’ah Majalah Ilmiah Pertanian, 44(2), 235–243.

Heizer, Jay and Render, B. (2015). Manajemen operasi : manajemen keberlangsungan dan rantai pasokan (Edisi 11 plus CD) (11th ed.). salemba empat.

Ibrahim, Y. (2009). Studi Kelayakan Bisnis (revisi). Rineka Cipta.

Murti, D. (2019). Analisis Trend Pada Harga Garam Yang Dipengaruhi Oleh Curah Hujan Di Kabupaten Jeneponto. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Pasaribu, A. M. (2012). Perencanaan & Evaluasi Proyek Agribisnis (Konsep & Aplikasi).

Rahmadhani, F. A. (2017). Kelayakan finansial dan produktivitas usahatani pepaya california di Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. Universitas Gadjah Mada.

Simamora, I. (2018). Metode Trend Non Linear Untuk Forecasting Komposisi Penduduk Kabupaten Tapanuli Tengah Menurut Jenis Kelamin Tahun 2006-2019. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(02), 175–183.

Umar, H. (2009). Studi Kelayakan Bisnis. T.Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.9415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: