Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Locus of Control dan Inovasi terhadap Kinerja Bisnis Online

Komang Yudi Darma Putra, Gede Mekse Korri Arisena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, menganalisis tingkat serta pengaruh penggunaan e-commerce, locus of control dan inovasi terhadap kinerja bisnis online mahasiswa Gedung Agrokomplek Universitas Udayana. Gedung Agrokomplek menaungi mahasiswa dengan latar belakang ilmu pertanian dalam arti yang luas meliputi Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan dan Fakultas Teknologi Pertanian sehingga penelitian ini dapat melihat bagaimana kewirausahaan pada generasi muda yang bergerak di bidang pertanian. Sampel penelitian berjumlah 96 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaku bisnis online mahasiswa Gedung Agrokomplek mayoritas berjenis kelamin perempuan dan telah menjalankan usaha selama 7-12 bulan 2) Tingkat penggunaan e-commerce, locus of control internal, inovasi dan kinerja bisnis online mahasiswa Gedung Agrokomplek berada pada kategori baik, sementara tingkat locus of control external memiliki kategori sangat tidak baik, 3) Penggunaan e-commerce, locus of control internal dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, sementara locus of control external berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja bisnis. 

Keywords


E-Commerce, Locus of Control, Inovasi, Kinerja Bisnis

References


Amalini, H. F., Musadieq M. H. & Afrianty T. W. (2013). Pengaruh locus of control Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja (Studi Pada Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang.

Asvi, Z. (2017). Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bina Usaha Desa Kepenuhan Barat Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Jom Fisip, 4(2).

Bharmawan, A. S., Kamajaya, P. P. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan di CV. Mandiri Pestimax Pradipa. Journal Fakultas Ekonomi Universitas Dr Soetomo, 25(1).

Dewanti. (2017). Pengaruh E-commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen PT. Momen Global Internasional di Makassar.

Fairoz, E. A. (2010). Entrepreneural Orientation and Business Performance of Small and Medium Scale Enterprises of Hambantota District Sri Lanka. Asian Social Science, 6(3).

Harfie, A.P., Lastiati, A. (2022). Adopsi Penggunaan E-commerce Terhadap Kinerja UMKM (Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di DKI Jakarta). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 11(1).

Imam, A. N. (2021). Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada UKM Krupuk Ikan di Kota Batam).

Kreitner, R., Kinicki A. (2000). Organizational Behavior 5th edition, Boston: Mc Graw-Hill.

Larashati, M. D. N., Hariyati. (2021). Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada UKM Tas dan Koper Tanggulangin Sidoarjo. Akunesa: Jurnal Akuntansi Unesa, 10(1).

Lestari, P. A. (2020). Pengaruh Sistem Informasi dan Pemanfaatan E-Commerce terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Makassar.

Marcela, B. (2018). Kinerja Bisnis Online Mahasiswa Akuntansi dan Non Akuntansi.

Nainggolan, L., B. (2022). Riset: Mahasiswa Pertanian Tak Ingin Jadi Petani, Apa Sebabnya?. Diakses dari https://theconversation.com/riset-mahasiswa-pertanian-tak-ingin-jadi-petani-apa-sebabnya-190370 pada 25 Oktober 2022

Nurul, I. (2017). Pengaruh Locus of Control terhadap Kinerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) UPT Wilayah Sulselbar.

Nurvayola. (2019). Pengaruh Locus of control dan Social Capital Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Pelaku Bisnis Online Mahasiswa FEB USU).

Pegadaian. (2018). 5 Alasan Mengapa Anak Kuliahan Harus Mulai Berbisnis. Diakses dari https://sahabatpegadaian.com/artikel/inspirasi/bisnis-anak-kuliahan pada 26 Oktober 2022.

Prasetyo, T., Harjanti, D. (2013). Modal Sosial Pengusaha Mikro dan Kecil Sektor Informal dan Hubungannya dengan Kinerja Bisnis di Wilayah Jawa Timur. Agora, 1(3), 1641-1644.

Sakinah. (2020). Locus of control dan Kepuasan Kerja (Studi Pada Driver Transportasi Online Kota Jambi). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(1).

Sayekti, N. W. (2018). Tantangan Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Veronica, S. (2019). Pengaruh Inovasi dan Celebrity Endorse Terhadap Keberhasilan Usaha Online Shop.

Yuanita, V.T. (2018). Pengaruh Tingkat Edukasi, Usia, Gender dan Punishment terhadap Pengambilan Keputusan Etis Mahasiswa terkait dengan Kepatuhan dalam Memenuhi Kewajiban Pajak.

Zakiyah, K. (2017). Pengaruh Locus of Control Internal dan Locus of Control External terhadap Kepuasan Kerja pada Pebisnis MLM (Multi Level Marketing) Oriflame di Surabaya dalam Komunitas M3 Network.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.9457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: