ANALISIS USAHATANI PADI SAWAH MENGGUNAKAN SISTEM JAJAR LEGOWO 2:1 (Suatu Kasus pada Kelompok Tani Sari Asih 3 di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran)

Suci Nuraeni, Trisna Insan Noor, Rian Kurnia

Abstract


Suci Nuraeni, 2022. Analisis Usahatani Padi Sawah Menggunakan Sistem Jajar Legowo 2:1 Di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran (Studi kasus dikelompok Tani Sari Asih 3). Dibimbing oleh Trisna Insan Noor dan Rian Kurnia.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usahatani padi sawah pada Kelompok Tani Sari Asih 3 di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui biaya, penerimaan dan pendapatan, kelayakan usahatani, dan BEP usahatani padi sawah menggunakan Sistem Jajar Legowo 2:1 di Kelompok Tani Sari Asih 3 Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis Biaya, Kelayakan usahatani dianalisis dengan menggunakan R/C rasio dan Analisis BEP. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari wawancara dengan petani. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei – Agustus 2022. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Besarnya biaya total pada usahatani padi sawah di Desa Karangbenda Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran Rp 12.248.165 per hektar per satu kali musim tanam. Sedangkan penerimaanya adalah Rp 22.720.000 per hektar satu kali musim tanam, Besarnya pendapatan pada usahatani padi sawah di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran adalah Rp  10.471.835. per hektar satu kali musim tanam, Besarnya R/C pada usahatani padi sawah  adalah 1,85. Setiap pengeluaran biasa Rp 1,00 maka petani padi sawah akan mendapatkan penerimaan 1,85 sehingga petani padi sawah memperoleh keuntungan 0,85. BEP Penerimaan, Harga dan Produksi secara simultan dikatakan layak .Oleh karena itu usahatani padi sawah di daerah penelitian layak untuk diusahakan. Strategi usahatani padi sawah yang tepat dilakukan di daerah penelitian adalah strategi sistem jajar legowo. Kata Kunci: Padi Sawah, Jajar Legowo, Usahatani

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, M. A., Damayanti, Y., & Nurchaini, D. S. 2021. Analisis Komparasi Pendapatan Usahatani Sistem Tanam Benih Langsung dan Sistem Jajar Legowo di Kecamatan Senyerang Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 24(01), 59-67.

Mulyadin, E., Milla, A. N., & Tsani, A. 2020. Analisis Komparatif Usahatani Padi Sawah Teknik Jajar Legowo Dan Tegel. Jurnal Agrotek Ummat, 7(1), 6-11.

Nashruddin, M. 2018. Kelayakan Usahatani Padi Sawah Dengan Sistem Jajar Legowo Di Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 5(2), 132-142.

Nazir, M. 1993. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta

Ridha, A., & Sulaiman, S. 2018. Analisis Pendapatan Petani Padi pada Sistem Tanam Jajar Legowo dan Sistem Tanam Tradisional (Studi Kasus Pada Kampung Matang Ara Jawa Kec. Manyak Payed). Jurnal Samudra Ekonomika, 2(2), 108-115.

Sugiyono, P. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D Bandung: Penerbit Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.9567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: