MODEL PENGEMBANGAN PERTANIAN PERKOTAAN (URBAN FARMING) BERKELANJUTAN

Tien Sugihartini, Dedi Djuliansah, Zulfikar Noormansyah

Abstract


Pertanian perotaan merupakan kegiatan pertanian yang dilakukan di wilayah perkotaan, hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mendukung pencapaian ketahanan pangan negara, perbaikan ekonomi, perbaikan ekologi kota, serta mempertahankan nilai sosial dan budaya. Penelitian ini dilakukan di 10 Kecamatan Kota Tasikmalaya dengan pertimbangan bahwa Kota Tasikmalaya memiliki  jumlah penduduk yang terus meningkat sementara lahan pertanian mengalami penurunan serta pembangunan non pertanian yang pesat sejalan dengan visi RPJMD Kota Tasikmalaya menuju kota industri dan perdagangan termaju di Jawa Barat. Pengambilan sampel sebanyak 100 pelaku pertanian perkotaan menggunakan metode Total Sampling. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja pertanian perkotaan  di Kota Tasikmalaya, menganalisis  faktor–faktor yang mempengaruhi kinerja pertanian perkotaan di Kota Tasikmalaya, dan Merumuskan model Pengembangan pertanian perkotaan dalam mendukung pertanian berkelanjutan. Alat analisis yang digunakan yaitu SEM WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kinerja pertanian perkotaan (Urban Farming) di wilayah Kota Tasikmalaya berpengaruh positif terhadap  pertanian berkelanjutan di Kota Tasikmalaya. (2) Karakteristik pelaku dan kelembagaan pendukung berpengaruh terhadap kinerja pertanian perkotaan di Kota Tasikmalaya. (3) Model pengembangan Pertanian Perkotaan (Urban Farming) berkelanjutan dirancang sebagai upaya penguatan ketahanan pangan yang menguntungkan secara ekonomi dan berkelanjutan dilihat dari aspek lingkungan.

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (SuatuPendekatan Praktik). Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. 2022. Kota Tasikmalaya Dalam Angka. Katalog /Catalog: 1102001.3278.

Dahuri, R. 1998. Pembangunan Pertanian Berkelanjutan: Dalam Perspektif Ekonomi, Sosial dan Ekologi. Agrimedia Volume 4 Nomor 1; Februari 1998.

Ethridge, Don. 2004. Research Methodology in Applied Economics(2nd edition). Iowa: Blackwell Publishing.

Gusti, I.M., S. Gayatri dan A.S. Prasetyo. 2021. Pengaruh Umur, Tingkat Pendidikan danLama Bertani terhadap Pengetahuan Petani Mengenai Manfaat dan Cara Penggunaan Kartu Tani di Kecamatan Parakan. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah. Vol. 19, No. 2, Desember 2021, hal. 209 – 221.

Hair, Jr., Joseph F., et. al. (2011). Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. New Jersey: PrenticeHall, Inc.

Halibas,A.S. Sibayan.R.O & Maata R.L.R. (2017) The penta helix model of inovationin Oman: An hei prespective Interdisciplinary Journal of Information, Knowlodge, and Management.

Juraemi. 2004. Hubungan Antara Kinerja Kelembagaan Dengan Keragaan Sistem Agribisnis Pada Perusahaan Inti Rakyat Perkebunan Kelapa Sawit. Samarinda: Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman.

Kurnia S.S. (2005). Jurnalisme Kontemporer.Yayasan Obor Indonesia.

Li, M. (2009). The Choice of Sustainable development model of China’s. Agriculture Asian Social Science, 5, 91-93.

Mohammad Fahmariza, Entus ,Tohidin. Hubungan Kinerja Kelompok Tani dengan Pendapatan Usahatani Padi Sawah ( Oryza Sativa, L) di Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu. Agri Wiralodra. Volume 13, Nomor 1, April 2021.

Orsini, F., R. Kahane, R. Nono-Womdim, dan G. Gianquinto. 2013. Urban agriculture in the developing world: a review. Agron. Sustain. Dev., 33(4): 695 – 720.

Priyono dan Burhanuddin (2020). Penumbuhkembangan Perilaku Kewirausahaan dalam Sistem Agibisnis Ayam Lokal. Journal Of Integrated agribussines, 2 (1) 2020: 62-67.

Sarjono Haryadi dan Julianita Winda. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Penerbit Salemba empat, Jakarta.

Setyo Parsudi, Damaijanto. 2019. Model, Motivasi dan Kendala masyarakat dalam melakukan Pertanian Kota (Urban Farming ) di Kota Surabaya. Agridevina 8 (1) ISSN 2301 – 8607.

Smith, J., A. Ratta and J. Nasr. 1996. Urban Agriculture: Food, Jobs and Sustainable Cities. Publication Series for Habitat II, Vol.I. New York: United Nations Development Program (UNDP).

Sri Ayu Kurniati dan Sisca Vaulina. 2020. Pengaruh Karakteristik Petani dan Kompetensi Terhadap Kinerja Petani Padi Sawah di Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Agribisnis Vol.22. 1 Juni 2020.

Sudjana. 2000. Statistika Untuk Ekonomi dan Niaga.Trsito. Bandung.

Sugiyono, S. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Yamin. S. 2014. Rahasia Olah Data Lisrel. Jakarta: Mitra Wacana Media

Zuhdi Fadhlan, Achmad Saiful Alim, Fahroji dan , Viona Zulfia (2021). Analisis Keberlanjutan Usaha Tani Padi di Kabupaten Siak ( Studi Kasus di Gapoktan Mekar Jaya, Kecamatan Sabak Auh District) . Enviro Scienteae Vol. 17 No. 3 Halaman : 25 – 33.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.9648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: