ANALISIS RESPON PETANI TERHADAP PENGGUNAAN COMBINE HARVESTER (STUDI KASUS DESA PADANG, KECAMATAN MANGGENG, KABUPATEN ACEH BARAT DAYA)

Fitri Wahyuni, Rudi Faizin

Abstract


Penggunaan teknologi mesin telah merambah kebidang pertanian untuk mendukung keberhasilan kerjanya. Salah satu inovasi yang hadir adalah penggunaan mesin combine harvester. Mesin combine harvester mampu menghemat pengeluaran saat pemanenan padi dan perontokan, kebutuhan tenaga kerja, dan meminimalisasi waktu panen. Akan tetapi penyediaan mesin ini sebagai inovasi baru tidak serta merta direspon dengan baik oleh petani. Petani yang dihadapkan pada pilihan teknologi baru tentunya akan menghasilkan respon yang beragam, tergantung pada faktor-faktor yang dipertimbangkan. Penelitian yang dilakukan di desa Padang, Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya ini berjenis deskriptif kuantitatif yang ditujukan untuk melihat respon petani terhadap penggunaan combine harvester dan faktor apa saja yang menjadi pertimbangan petani padi dalam penggunaan mesin combine harvester sebagai alat panen padi. Hasil pengolahan data pada penelitian ini menunjukkan bahwa respon petani pada tingkat pengetahuan tentang keberadaan dan cara kerja mesin combine harvester dalam proses memanen padi berada pada tingkat cukup hingga sangat tinggi yaitu pada persentase 59,3%-84%. Respon petani Desa Padang terhadap keterampilan yang mereka punya dalam penggunaan mesin combine harvester berada pada kriteria rendah hingga cukup dengan persentase 30,67%-46%, dan respon petani pada tingkat sikap berada pada kriteria tinggi hingga sangat tinggi dengan persentase 61,33%-93,7%. Hal ini menunjukkan para petani sangat responsif terhadap penggunaan mesin ini karena menyakini manfaat yang akan diperoleh dari penggunaan mesin ini, diantara mereka juga ada yang sudah lebih dulu merasakan manfaatnya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada sebagian petani yang memilih memanen padi dengan cara manual karena menganggap masih mungkin melakukannya dan memiliki faktor pendukung lainnya.

References


Azwar, S. (1995). SIKAP MANUSIA Teori Dan Pengukurannya. yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Citra Kurnia Putri, T. I. (2018). ANALISIS PENDAPATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH BERDASARKAN LUAS LAHAN DI DESA SINDANG SARI, KECAMATAN BANJARSARI, KABUPATEN CIAMIS, PROVINSI JAWA BARAT. AGROINFO GALUH , IV (3), 972-935.

Dewi, S. R. ( 2018). Analisis Pendapatan Usaha Tani Manggis TErhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani Manggis Didesa Cikalong, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. AGROINFO GALUH , IV (3), 936-945.

Elta Dina Pratiwi, I. W. (2018). Kontribusi Usaha Tani KakaoTerhadap Pendapata Rumah Tangga Petani Di Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Kabupaten Bandung. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata , VII (1), 141-151.

Idawanni. (2015, juni 19). PENGEMBANGAN USAHA KOMODITI PALA ACEH. Dipetik Desember 8, 2022, dari litbang.pertanian.go.id: nad.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/info-teknologi/775-pengembangan-usaha-komoditi-pala-aceh

Iswari, K. (2012). KESIAPAN TEKNOLOGI PANEN DAN PASCA PANEN PADI DALAM MENEKAN KEHILANGAN HASIL DAN MENINGKATKAN MUTU BERAS. Jurnal penelitian dan pengembangan pertanian , XXXI (2).

M, R. M. (2017). KONTRIBUSI USAHA TANI MADU SIALANG TERHADAP PENDAPATAN KELUARAGA PETANI (Studi kasus Di Desa Gunung Sahilan Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. JOM Fekon , IV (1), 1073-1082.

Mamondol, M. R., & sabe, F. (2016). PENGARUH LUAS LAHAN TERHADAP PENERIMAAN, BIAYA PRODUKSI, DAN PENDAPATAN USAHA TANI PADI SAWAH DI DESA TOINASA KECAMATAN PAMONA BARAT. Envira , I (2), 48-59.

Mohammad Shoimus Sholeh, L. M. (2021). Kontribusi Pendapatan Usaha Tani Terhadap Ekonomi Rumah Tangga Petani Didaerah Pedesaan. AGROMIX , XII (1), 55-61.

Murti, H., Zakaria, W. A., & Lestari, D. A. (2016). ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL UNIT USAHA MESIN PEMANEN PADI (COMBINE HARVESTER) DI KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. JI IA , I (2), 48-59.

Nolvi Sanggel, L. G. ( ). Analisis Usaha Tani Pala di Kampung Talawid, Kecamatan Kendahe, Kabupaten Kepulauan Sangihe. , .

Saragih, B. (2010). AGRIBISNIS Paradigma Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. (F. B. Rachmat Pambudy, Penyunt.) Bogor: IPB Press.

Setiawan, N. (2007). PENENTUAN UKURAN SAMPEL MEMAKAI RUMUS SLOVIN DAN TABEL KREJCIE-MORGAN: TELAAH KONSEP DAN APLIKASINYA. UNIVERSITAS PADJAJARAN (hal. 1-16). PADJAJARAN: Iindonesia DOKUMEN.

Soekartawi. (2002). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Graha Grafindo Persada.

Sofyan, E. I. ( ). Analisis Efisiensi Pemasaran Pala di Kecamatan Tapak Tuan Kabupaten Aceh Selatan. , 9-16.

Statistik, B. P. (2017, Desember 1). Badan Pusat Statistik. Dipetik oktober 18, 2022, dari bps.go.id: https://www.bps.go.id/

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Thohir, K. A. (1991). Seuntai Pengetahuan Usaha Tani Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainuddin, Mursalim, & Waris, A. (2016). Analisis Ekonomi Penggunaan Combine Harvester Tipe Crown CCH 2000 Star. Agri Techno , IX (1), 36-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.9761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: