ANALISIS PENDAPATAN DAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI DODOL SIRSAK (Studi Kasus pada Agroindustri Dodol Sirsak “Aslina Segar Manis” di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya)

Lutfi Pahlupi, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Besarnya pendapatan pada agroindustri dodol sirsak “Aslina Segar Manis” di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. (2). Besarnya nilai tambah dari pengolahan buah sirsak menjadi dodol sirsak “Aslina Segar Manis” di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik penarikan sampel penelitian ini menggunakan  purposive sampling, dengan pertimbangan karena agroindustri dodol sirsak satu-satunya di Desa Singaparna dan juga usahanya sudah lama yaitu 49 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1). Biaya yang dikeluarkan oleh agroindustri dodol sirsak “Aslina Segar Manis” di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya dalam satu kali produksi adalah Rp. 1.619.154,45, dan penerimaan Rp. 2.250.000,00, sehingga memperoleh pendapatan Rp. 630.845,55. (2). Nilai tambah yang diperoleh pengusaha dodol sirsak “Aslina Segar Manis” di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya yaitu Rp. 13.037,5 per kilogram.

Keywords


Agroindustri, Pendapatan, Nilai Tambah, Dodol Sirsak

References


Angga Lenggana, S. T. 2015. Analisis Pemasaran Dodol Sirsak (Annona muricata) (Suatu Kasus pada Pengusaha Pengolahan Dodol Sirsak di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 1 Nomor 3, Mei 2015, Volume 1, 149-154.

Hayami Y, T Kawagoe, Y Morooka, M Siregar. 1987. Agriculture Marketing and Processing in Java: A Perspective from a Sunda Village. CGPRT Center, Bogor.

Mentari PR. 2016. Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Industri Pengolahan Tahu (Studi Kasus Pada Tahu Bandung Cap Segitiga di Kelurahan Muara Rapak Kota Balikpapan). Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sukirno, Sadono. 2006. Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: PT Salemba empat.

Sunarjono, H. 2013. Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah. Penebar Swadaya. Bogor.

Soekartawi. 2001. Pengantar Agroindustri. Edisi 1. Jakarta : Cetakan 2. PT Raja Grafindo Persada. Hal 152.

Oryza S. 2017. Analisis nilai tambah bayam sebagai keripik bayam di Kelurahan Mugirejo Kecamatan Sungai Pinang (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Anggrek). Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.9801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: