ANALISIS NILAI TAMBAH PADA AGROINDUSTRI DENDENG SAPI (STUDI KASUS DI KELURAHAN SUKANAGARA KECAMATAN PURBARATU TASIKMALAYA)

Reza Kurnia Adhya Bachtiar, Dini Rochdiani, Ane Novianty

Abstract


Salah satu olahan daging sapi yaitu dendeng sapi produk makanan yang berbentuk lempengan terbuat dari daging sapi segar dan daging sapi beku, yang diiris atau digiling ditambah bumbu dan dikeringkan dengan sinar matahari atau alat pengering, dengan atau tanpa penambahan bahan pangan lain dan bahan tambahan pangan yang diizinkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan agroindustri dendeng sapi Hj. Iti di Kelurahan Sukanagara Kecamatan Purbaratu Tasikmalaya. (2) Besarnya nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan dendeng sapi Hj. Iti di Kelurahan Sukanagara Kecamatan Purbaratu Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada agroindustri dengdeng sapi Hj. Iti di Kelurahan Sukanagara Kecamatan Purbaratu Tasikmalaya dengan pertimbangan bahwa agroindustri dengdeng sapi Hj. Iti hanya satu-satunya yang memproduksi dendeng sapi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah ditentukan secara sengaja (purposive) pada agroindustri dendeng sapi Hj. Iti, dengan pertimbangan bahwa agroindustri tersebut merupakan satu-satunya agroindustri yang ada di Kelurahan Sukanagara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Biaya yang dikeluarkan oleh agroindustri dendeng sapi di Kelurahan Sukanagara Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya dalam satu kali proses produksi adalah Rp 2.314.981,84 dan penerimaan Rp 2.700.000,00 sehingga memperoleh pendapatan Rp 385.018,16. 2) Nilai tambah yang diperoleh pengusaha agroindustri dendeng sapi di Kelurahan Sukanagara Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya yaitu Rp 39.266,67 per kilogram.

Keywords


Biaya, Penerimaan, Pendapatan, Nilai Tambah

References


Badan Standar Nasional Indonesia.

SNI 2908. Jakarta.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian.

Ghalia Indonesia. Bogor.

Soeparno. 2015. Ilmu dan Teknologi Daging. Cetakan ke-2. Gadjah Mada University press. Yogyakarta.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Waryat, Muflihani, Y. dan Kartika, M. 2016. Analisis Nilai Tambah dan Usaha Pengolahan Tepung Sukun sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Petani.Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta. Vol.2 No.2 Hal.128. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.9805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: