Pengaruh Kemudahan Penggunaan Ojek Online Terhadap Keputusan Pembelian Online Kuliner

Radha Rani Krishna, Gede Mekse Korri Arisena

Abstract


Perkembangan teknologi semakin cepat dan canggih, salah satu perkembangannya juga berdampak pada layanan jasa transportasi. Ojek online sebagai inovasi dari ojek konvensional hadir sebagai alat transportasi yang memberikan banyak kemudahan penggunaan, salah satunya menawarkan jasa antar makanan. Kampus adalah tempat dimana mahasiswa melakukan berbagai kegiatan pembelajaran dan kegiatan lainnya yang beragam. Mahasiswa memiliki keunggulan untuk mudah beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Kegiatan yang beragam dan gaya hidup mahasiswa yang modern dikampus mendorong mahasiswa ingin segera untuk memenuhi kebutuhannya secara cepat dan mudah dengan memanfaatkan aplikasi ojek online khususnya pembelian kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik mahasiswa, aplikasi ojek online yang banyak digunakan mahasiswa, mengetahui jenis kuliner yang dibeli mahasiswa, dan pengaruh kemudahan penggunaan ojek online terhadap keputusan pembelian online kuliner mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Sampel penelitian berjumlah 94 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional ramdom sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) karakteristik mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayanan mayoritas memiliki umur 20 tahun, berjenis kelamin perempuan, aplikasi ojek onine yang banyak digunakan adalah shopeefood dengan frekuensi pesanan sebanyak 1-3 kali per bulan, dan jenis makanan yang sering dibeli adalah kategori makanan utama. 2) pengaruh kemudahan penggunaan ojek online berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online kuliner mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Keywords


Kemudahan Penggunaan, Ojek Online, Keputusan Pembelian, Mahasiswa

References


Anggraeny,A.D.,Yudhari,I.D.A.S., & Arisena, G.M.K. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minyak Oles Bokashi.Jurnal Hexagro, 6(2), 83-97.

Alfonso, D. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-Commerce Melalui Traveloka.com Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Konsumen Traveloka.com di Kota Medan).

Bustami, B., & Laksamana, R. (2019). Transformasi Transportasi Tradisional (Offline) ke Transportasi Online Sebagai Solusi Bagi Pengguna di Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(3), 194. https://doi.org/10.26418/jebik.v8i3.29404

Dunensa,D.L., Ustriyana,I.N.G., & Arisena, G.M.K.(2021). Perencanaan Sistem Pemsaran Online Produk Peranian Melalui E-Marketplace. Jurnal Agrotenika,4(1),30-42.

Fahrurrozi, F., Sayyidi, S., & Ali, I. (2020). Analisis Layanan Ojek Online PT. Grab Indonesia Wilayah Surabaya dalam Perspektif Bisnis Islam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 147–157.

https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.139

Kemp, S. (2022). DIGITAL 2022: INDONESIA. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Pahlevi, R. (2022). Pengguna Internet di Dunia Capai 4,95 Miliar Orang Per Januari 2022. Databoks.Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/pengguna-internet-di-dunia-capai-495-miliar-orang-per-januari-2022

Pradana, M. F. Y. (2021). Analisis Pelayanan Kualitas Jasa Layanan Ojek Online Menggunakan Pendekatan Servqual , Importance Performance Analysis ( Ipa ), Dan Potential Gain in Costumer Value ( Pgcv ). In Skrips.

Pramita, R.A.,Susrusa, K.B., & Arisena, G.M.K.(2022) Pengaruh Jenis Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Bibit Durian. Jurnal Hexagro,6(2),153-175.

Setiyorini, K., & Hendrastomo, G. (2019). Persaingan Antara Ojek Online Dengan Ojek Konvensional Di Stasiun Lempuyangan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 3(1), 29. https://doi.org/10.17977/um021v3i1p29-35

Suratriadi, P., Santosa, J., & Suhaila, A. (2019). Pengaruh Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Secara Online Pada Mahasiswa (Studi kasus mahasiswa UBSI Salemba 45 Jakarta). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7, 28–39.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.9856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: