GAYA KEPEMIMPINAN KETUA KELOMPOK WANITA TANI DI DESA MOJOPAHIT KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Naida Putri Shafira, Serly Silviyanti, Helvi Yanfika

Abstract


Kepemimpinan dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin dalam mengarahkan, mendorong, dan mengatur seluruh unsur-unsur didalam kelompok atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang diinginkan. Dengan demikian, seperti halnya kelompok pada umumnya. Kelompok Wanita Tani (KWT) juga memiliki ketua yang bertanggungjawab terhadap kelompok, baik terhadap anggota maupun terhadap dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang digunakan oleh ketua KWT  di Desa Mojopahit. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Mojopahit Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Waktu pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli 2022. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 36 orang. Metode yang digunakan yaitu survei, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan yang paling sering diterapkan oleh ketua kelompok wanita tani yang ada di Desa Mojopahit adalah gaya kepemimpinan instruksi dan konsultasi.

Keywords


kepemimpinan, ketua, kelompok wanita tani

References


Affandy. 2016. Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kabupaten Sigi. E-Jurnal Katalogis, Vol. 4 (9): 178-189.

Agus Dharma. 2004. Managemen Supervisi (Petunjuk praktis bagi supervisor). Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Baihaqi, M. F. 2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: PT Yudhistira Ghalia Indonesia Area Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro. Semarang.

Budisuharto. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Amaris Panakukang Makasar. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Haq, H. M. 2018. Hubungan Gaya Kepemimpinan dengan Efektivitas Kelompok Tani Pertanian Organik (Kasus: Kelompok Tani Langgeng Mandiri, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumi Aji, Kota Batu). Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Hersey, P., Kenneth, B. 2004. Manajemen Prilaku Organisasi, Memanfaatkan Sumber Daya Manusia. Prentice Hall. New Jerse.

Lansia, Y. B., Gultom, D. T., dan Nurmayasai, I. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Efektivitas Kelompok P3A Ngudi Makmur dalam Pengelolaan Irigasi Usahatani Padi di Kecamatan Metro Selatan Kota Metro. Suluh Pembangunan: Journal of Extension and Development. Vol. 3 (1): 8 – 16.

Mubarok, M., Priatna, W. 2015. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kontak Tani Terhadap Persepsi Kinerja Kelompok Tani Ikan Lele di Desa Babakan Ciseeng Kabupaten Bogor. Jurnal Agribisnis.Vol. 2, No. 2, Hal. 53-54.

Mattayang, B. 2019. Tipe dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis. JEMMA, Vol. 2 (2): 45-51

Miller. 2008. Karakteristik Responden. Erlangga. Jakarta.

Nazir. 1998. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.

Putra, R. W., dan Suhartini. 2012. Peranan Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta. Vol. 13, No. 1, Hal. 56-69, Juni 2012.

Riduwan., Akdon. 2009. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan Manajemen. Dewa Ruci. Bandung.

Robbins, S.P. 2006. Teori Organisasi: Struktur Desain dan Aplikasi Bahasa. Arcan. Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian dan Teknik Analisis Data. Alfabeta. Bandung.

Wara, A. A., Silviyanti, S., dan Syarif, Y. A. 2022. Peranan Anggota Kelompok Wanita Tani Perkebunan Kopi Sekar Wangi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat. Suluh Pembangunan: Journal of Extension and Development. Vol. 4 (1): 36 – 43.

Wibowo, U. 2007. Analisa Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Bawahan (Studi Empisi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasional. Vol 1 (2) 63-74.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.9880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: