STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI SOTONG (Studi Kasus pada Industri Rumahan “Bhadra Jaya” di Desa Janggala Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis)

Rafly Ismanto, Trisna Insan Noor, Tiktiek Kurniawati

Abstract


Industri rumahan Sotong Bhadra jaya prospektif untuk dikembangkan, namun belum diketahui strategi pengembangan yang harus diterapkan berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada industri rumahan sotong Bhadra Jaya; dan (2) merumuskan alternatif strategi yang tepat dalam pengembangan industri rumahan sotong Bhadra Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kasus. Data primer dan data sekunder diperoleh langsung dari informan penelitian (pemilik usaha sotong Bhadra Jaya) dan dipilih secara purposive karena memahami tentang sotong dalam skala industri rumahan. Hasil penelitian didapati bahwa: (1) Perhitungan matriks IFAS antara faktor kekuatan dan kelemahan menghasilkan total skor 2,57 hal tersebut mengidentifikasi bahwa usaha sotong Bhadra Jaya berada pada posisi internal yang kuat, dalam perhitungan matriks EFAS menunjukan bahwa faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 2,2 ini mengidentifikasi peluang yang ada dapat dimaksimalkan dengan baik oleh industri rumahan sotong Bhadra Jaya, serta ancaman-ancaman yang ada dapat dihadapi dengan baik (2) Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan industri rumahan sotong Bhadra Jaya yaitu strategi (SO) strengths-opportunity dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kegiatan produksi, dan selalu melakukan inovasi dengan tujuan dapat memenuhi selera konsumen. 

Keywords


agriculture, jurnal, agroinfo, pertanian, agribisnis, jurnal unigal

References


Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Dalam C. R. Semiawan, Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya (hal. 98-120). Jakarta: Kompas Gramedia.

Rambe, I. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pembuatan Tahu pada Pengrajin Tahu Bandung Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi. 41-52.

Rangkuti. (2014). Analisis SWOT Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Racmat. (2014). Manajemen Strategik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. ((7) 2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (V0L.22.2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus. Dalam (Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya) (hal. 15-23). Bangkalan, Madura: UTM PRESS.

SNI-BSN. 2009. SNI 3751:2009: Tepung Terigu Sebagai Bahan Makanan (1-5).

http://janggala-cidolog.sideka.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.9912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: