Estimasi Pertumbuhan Penduduk 2023 Di Provinsi Jawa Tengah Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

widia wati widiawati, Dede Brahma Arianto

Abstract


Estimasi merupakan salah satu cara untuk menentukan jumlah data dalam waktu terntentu. Dalam sehari – hari estimasi digunakan untuk menghitung perkiraan waktu ataupun memperkiraan pertumbuhan data. Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat dari tahun ketahun secara tidak langsung mengakibatkan jumlah lowongan kerja semakin sedikit, Oleh karena itu penilitian ini memilih estimasi untuk menghitung laju pertumbuhan penduduk beserta pengangguran di provinsi jawa tengah untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan program mendatang seperti membuat pelatihan sumber daya manusia agar penduduk provinsi jawa tengah menjadi penduduk yang mandiri. Dalam penelitian ini Kami menggunakan metode Regresi Linear berganda. Metode ini dipilih karena mampu membuat suatu estimasi/prediksi dengan memanfaatkan data-data lama mengenai laju pertumbuhan penduduk. Sehingga dapat dihasilkan suatu pola hubungan antara atribut-atribut yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk. Hasil yang di peroleh adalah banyaknya jumlah penduduk pada tahun 2023 sebanyak 37.103.978 dan  pengangguran pada tahun  2023 yang mencapai  1.944.248 orang, dan juga ditemukan pola yang saling berkaitan erat antara atribut jumlah jenis kelamin dan umur terhadap estimasi pengangguran di Provinsi Jawa Tengah. Maka dari itu estimasi menggunakan metode regresi linear berganda dapat dijadikan referensi dalam melakukan perhitungan jumlah pengangguran di Jawa Tengah. 

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah, 2023. Jumlah Penduduk dan laju pertumbuhan

Provinsi Jawa Tengah.

Mulyani, E.D.S., Septianingrum, I., Nurjanah, N., Rahmawati, R., Nurhasani, S. and RK K.M., 2019. Prediksi Curah Hujan Di Kabupaten Majalengka Dengan Menggunakan Algoritma Regresi. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 8(1), pp.67-77.

Ali Fikri, 2009. Penerapan Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kekuatan Beton Yang Dihasilkan Dengan Metode Estimasi Menggunakan Linear Regression.

Purwadi, Puji Sari Ramadhan, Nurdiyanti Safitri,2018. Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang.

Ahmad Aziz, 2023. Peningkatan Angka pengangguran di Provinsi Jawa Tengah.

Sugiarto dan Dergibson, S. 2002. Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. Hal 208-217.

Mulyani, E.D.S., Mulady, F., Ramadhan, D., Ariyantono, A., Ramdani, D., Wahyundana, R. and Gilang, M., 2020. Estimasi Harga Jual Mobil Bekas Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 9(1), pp.1-8.

Ali Fikri, 2009. Penerapan Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kekuatan Beton Yang Dihasilkan Dengan Metode Estimasi Menggunakan Linear Regression.

Saharia Samsu (2013). Analisis Pengakuan Dan Pengukuran Pendapatan Berdasarkan Psak No. 23 Pada Pt. Misa Utara Manado. Jurnal EMBA, 1(3),571. Nnmn

Febri Nova Lenti (2014). Rekayasa Database Terdistribusi Pada Layanan Pemesanan Tiket Pesawat Terbang. Jurnal Teknologi Technoscienta, 6(2),130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.