PENGARUH DESAIN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Toko Batik Deden Tasikmalaya)

Dwi Pratiwi, Sri Arti, Sani Puspita Anggraeni, Mujaddid Faruk, Chandra Rizqi Barkah

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Desain dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Toko Batik Deden Tasikmalaya). Permasalah yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana pengaruh desain terhadap keunggulan bersaing pada Toko Batik Deden Tasikmalaya?; 2]. Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada Toko Batik Deden Tasikmalaya?; 3]. Bagaimana pengaruh desain dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada Toko Batik Deden Tasikmalaya? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1]. Pengaruh desain terhadap keunggulan bersaing pada Toko Batik Deden Tasikmalaya; 2]. Pengaruh kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada Toko Batik Deden Tasikmalaya; 3]. Pengaruh desain dan kualitas produk pada Toko Batik Deden Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan metode survei. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Determinasi, Analisis Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F), Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Korelasi Berganda. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa : 1]. Desain berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Toko Batik Deden Tasikmalaya dengan besarnya pengaruh 63,04% dan sisanya 36,96% dipengaruhi oleh faktor lain; 2]. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Toko Batik Deden Tasikmalaya dengan besarnya pengaruh 64,80% dan sisanya 35,20% dipengaruhi oleh faktor lain; 3]. Desain dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Toko Batik Deden Tasikmalaya dengan besarnya pengaruh 64,16% dan sisanya 35,84% dipengaruhi oleh faktor lain.

Full Text:

PDF

References


Herlina, Elin, Syarifudin Deden & Mulyatini, Nurdiana (2018). KNOWLEDGE TRANSFER DALAM KONTEKS SPATIAL CREATIVE ECONOMY UNTUK MENGURANGI KEMISKINAN PERDESAAN DI KABUPATEN CIAMIS.Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 5 (1),273-282.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jilid 2. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2014. Principle Of Marketing, 12th Edition. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip and Keller, Kevin, Lane. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, Philip and Keller. 2009. Manajemen Pemasarn. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta.

Nazir, Moh. 2008. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Witri Nurjuliyanti. 2017. Pengaruh Desain Produk Terhadap Keunggulan Bersaing. Skripsi pada Program Studi Manajemen FE Universitas Siliwangi. Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/bemj.v1i1.2012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.