PENGARUH RASIO LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Suatu Studi pada PT. Telkom Indonesia, Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 – 2017)

Sukma Sukma, Nurdiana Mulyatini, Elin Herlina

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Rasio Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Suatu Studi pada PT. Telkom Indonesia, Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 – 2017). Permasalah yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana Pengaruh Rasio Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan pada PT. Telkom Indonesia, Tbk? 2) Bagaimana Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada PT. Telkom Indonesia, Tbk? 3) Seberapa besar Rasio Likuiditas dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan pada PT. Telkom Indonesia, Tbk?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh Rasio Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan pada PT. Telkom Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 – 2017. 2) Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada PT. Telkom Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 – 2017. 3) Pengaruh Rasio Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada PT. Telkom Indonesia, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 – 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kuantitatif dengan teknik pengumpulan data Sekunder. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Rasio Keuangan yaitu Rasio Likuiditas dan Profitabilitas. Selain itu Analisis Statistik yang digunakan terdiri dari Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Korelasi Sederhana Product Moment, Koefisien Determinasi, Korelasi Berganda, Uji Statistik t dan Uji Statistik f. Hasil dari penelitian dan pengolah data menunjukan bahwa 1) Secara parsial rasio likuiditas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 47,61% dan sisanya 52,39% dipengaruhi oleh faktor lain; 2) Secara parsial rasio profitabilitas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 44,89% dan sisanya 55,11% dipengaruhi oleh faktor lain; 3) Secara simultan rasio likuiditas dan profitabilitas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 62,41% dan sisanya 37,59% dipengaruhi oleh faktor lain.

Full Text:

PDF

References


Astutik, Dwi. 2017. Pengaruh Aktivitas Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal STIE Semarang. Vol. 9. No. 1. Tahun 2017.

Dunanti, Indri. 2017. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Property Dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal MAKER. Vol. 3. No. 2. Tahun 2017.

Fahmi, Irham. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Bandung : Alfabeta

Harjito, Agus dan Martono. 2013. Manajemen Keuangan Edisi Kedua. Yogyakarta: EKONISA.

Husnan, S dan Pudjiastuti, E. 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Cetakan Pertama. UPP STIM YKPN

Ngurah, AA dan Vivi, Putu. 2016. Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E- Jurnal Manajemen Unud. Vol.5. No.7. Tahun 2016.

Rachmalia,dkk, 2016. Pengaruh Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 38. No. 2. Tahun 2016.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Cetakan Keempat. BPFE.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Penerbit Alfabeta.

www.telkom.co.id

Yunita, Putu, dkk. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. E-Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1. Vol. 2. No.1. Tahun 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.