PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN MOTIVASI TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI (Studi Pada DPPKB Kota Banjar)

Mulya Mulya, Sukomo Sukomo, Kasman Kasman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir dan motivasi terhadap semangat kerja pegawai pada DPPKB Kota Banjar. Pemasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Seberapa besar pengaruh pengembangan karir terhadap semangat kerja pegawai PNS pada DPPKB Kota Banjar?; 2]. Seberapa besar pengaruh motivasi terhadap semangat kerja pegawai PNS pada DPPKB Kota Banjar?; 3]. Seberapa besar pengaruh pengembangan karir dan motivasi terhadap semangat kerja pegawai PNS pada DPPKB Kota Banjar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1]. Besarnya pengaruh pengembangan karir terhadap semangat kerja pegawai PNS pada DPPKB Kota Banjar; 2]. Besarnya pengaruh motivasi terhadap semangat kerja pegawai PNS pada DPPKB Kota Banjar; 3]. Besarnya pengaruh pengembangan karir dan motivasi terhadap semangat kerja pegawai PNS pada DPPKB Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis menggunakan uji signifikansi (Uji t) dan (Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai PNS pada DPPKB Kota Banjar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 45,15 %, sisanya 54,85% dipengaruhi oleh faktor lain, dan hasil Uji t yaitu dengan hasil 4,973 > 1,697 (thitung >ttabel ). Kemudian motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai PNS pada DPPKB Kota Banjar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 57,30 %, sisanya 42,70% dipengaruhi oleh faktor lain, dan hasil Uji t yaitu dengan hasil 6,345 > 1,697 (thitung >ttabel ). Serta terdapat pengaruh positif dan sifgnifikan pengembangan karir dan motivasi terhadap semangat kerja pegawai PNS pada DPPKB Kota Banjar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 63,04%, sisanya 36,96% dipengaruhi oleh faktor lain, dan hasil Uji F yaitu dengan hasil 24,73 > 3,33 (Fhitung >Ftabel ).

Full Text:

PDF

References


Afriska, Tri. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung. Tidak diterbitkan.

Emma Sumampouw, Sicillia, dkk. (2017). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada PT.Bank Tabungan Negara, Tbk. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Manado. Tidak diterbitkan.

Fauziah, Hujaimatul. (2012). Pengaruh Insentif Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional III Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol.2, No.1 (54-66) Maret 2012.

Kurniadi, Fajar. (2012). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan di Apotek Berkah. Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung. Tidak di terbitkan.

Langgeng Wijaya, Anggita, dkk. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT.INKA (Persero) Madiun. Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun. e-ISSN: 2337-9723. Vol. 5 No. 1 Hlmn. 703-717.

Lesmarni dan Kasmirudin. (2015). Pengaruh Pemberian Motivasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan Bisnis Perbankan (Studi Penerapan Need Achivement Pada Bank BNI Cabang Rengat). Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jom FISIP Volume 2 No. 2 Oktober 2015.

Parimita, Widya. (2015). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pt Pos Indonesia (Persero) Bekasi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) | Vol 6, No. 1, 2015.

Primajaya, Deni. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Pertamina (Persero) UPMS IV Semarang. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Tidak diterbitkan.

R. Paputungan, Faradistia. (2013). Motivasi, Jenjang Karir Dan Disiplin Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Sulut Cabang Calaca. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. ISSN 2303-1174. Jurnal EMBA Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 679-688.

Setiawan, Agung. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 1 Nomor 4 Juli 2013.

Sri Romdoniah, Ai. (2017). Pengaruh Situasional Leadership dan Jenjang Karir Terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada BPS Kabupaten Ciamis.Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Tidak diterbitkan.

Sugiono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

S.P Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Wijaya Kartika, Endo. (2010). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada Karyawan Restoran Di Pakuwon Food Festival Surabaya). Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.12, No.1, Maret 2010 : 100-112.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.