PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PENINGKATAN NILAI PERUSAHAAN (Suatu Studi Pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang Tedaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2017)

Afni Hilmiyati Zahara, Nurdiana Mulyatini, Moch Aziz Basari

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana  Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk ?; 2]. Bagaimana Nilai perusahaan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk ?; 3]. Bagaimana pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility terhadap Peningkatan Nilai Perusahaan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1].  Untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis Corporate Social Responsibility pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk; 2]. Untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis Nilai perusahaan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk; 3]. Untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap peningkatan Nilai Perusahaan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis regresi sederhana, analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t (secara varsial). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa pengaruh CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan besarnya 37,21% dan sisanya 2,177 dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk mempertahankan kegiatan CSR nya sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. 

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2015. Pengantar Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Gunawan, Barbara, dan Suharti Sri Utami. 2008. Peranan Corporate Social Responsibility dalam Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 7, Nomor 2, September 2008, hlm. 174-185. [diakses pada tanggal 14 Februari 2019]

Harjito, Agus dan Martono. 2014. Manajemen Keuangan. (Edisi Kedua. Cetakan Keempat). Yogyakarta: EKONISIA.

Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen : Dasar,Pengertian,dan Masalah. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo.

Putri, Hanni Chyntia Maita dan Surya Rahaja. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderating. Diponegoro Journal of Accounting. Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013. ISSN (Online): 2337-3806 (http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting). [diakses pada tanggal 14 Februari 2019]

Ramona, Suci. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Artikel Ilmiah. [diakses pada tanggal 14 Februari 2019]

Riduwan dan Sunarto. 2017. Pengantar Statistika untuk penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis. (Cetakan ke-9). Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. (Edisi Keempat. Cetakan Kesepuluh). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Robbins, P Stephen dan Mary Coulter. 2010. Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rosiana, Gusti Ayu Made Ervina, Gede Juliarsa & Maria M.Ratna Sari. 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.3 (2013):723-738. ISSN: 2302-8556. [diakses pada tanggal 14 Februari 2019]

Sartono, Agus. 2016. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. (Edisi Keempat. Cetakan Kedelapan). Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Manajemen Pendekatan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Reseacrh), Penelitian Evaluasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Cetakan ke-26) Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suhartati, Titi, Sabar Warsini dan Nedsal Sixpria. 2011. Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 10, No 2, Desember 2011 : 95-105. [diakses pada tanggal 14 Februari 2019]

Sunyoto, Danang dan Eka Fathonah Susanti. 2015. Manajemen Keuangan Untuk Perusahaan. (Cetakan Pertama). Yogyakarat: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. (Edisi Pertama. Cetakan Kedelapan)Yogyakarta: EKONISIA.

Umbara, Dewa Made Bagus dan I Ketut Suryanawa. 2014. Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Nilai Perusahaan. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9.2 (2014) : 410-424. ISSN : 2302-8556. [diakses pada tanggal 14 Februari 2019]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.