PENGARUH GREEN BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Konsumen Smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri Ciamis)

Fifit Dwi Putri, Oyon Saryono, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh green brand image dan brand trust terhadap loyalitas pelanggan smartphone samsung (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana pengaruh Green Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri?; 2) Bagaimana pengaruh Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri? Dan 3) Bagaimana pengaruh Green Brand Image dan Brand Trust terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh green brand image terhadap loyalitas pelanggan smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri; 2) Pengaruh brand trust terhadap loyalitas pelanggan smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri; 3) Pengaruh green brand image dan brand trust terhadap loyalitas pelanggan smartphone Samsung di Abadi Cell Buniseuri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden yaitu konsumen yang pemecahan masalah dalam penelitiannya dilakukan dengan menggunakan analisis statistik berdasarkan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui angket atau kuesioner dari subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan green brand image  terhadap loyalitas pelanggan smartphone samsung di Abadi Cell Buniseuri. Artinya apabila green brand image sudah baik dimata konsumen maka loyalitas pelanggan akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan brand trust  terhadap loyalitas pelanggan smartphone samsung di Abadi Cell Buniseuri. Artinya apabila brand trust sudah baik dimata konsumen maka loyalitas pelanggan akan meningkat; 3) Berdasarkan hasil uji korelasi diketahui bahwa green brand image dan brand trust memiliki hubungang dengan loyalitas pelanggan. Begitupula dengan uji determinasi yang dilakukan diperoleh hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa green brand image dan brand trust memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kedua perhitungan tersebut diperkuat dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji F diketahui bahwa nilai F hitung > nilai F tabel. Sehingga dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima/teruji kebenarannya.

References


________. 2018. Top Brand Index Smartphone. Tersedia : http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2018_fase_1. [16 Desember 2018].

________. 2017. Top Brand Index Smartphone. Tersedia : http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2017_fase_1. [16 Desember 2018].

________. 2010. Jobseeker PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN). https://ecc.ft.ugm.ac.id/employer/site/vie. [15 Desember 2018].

Abraham, Ghibran. 2016. Sejarah Samsung – Tech Donya. Tersedia : http://techdonya.blogspot.com/2016/01/sejarah-samsung.html. [16 Desember 2018].

Astini, Rina. 2016. Implikasi Green Brand Image, Green Satisfaction Dan Green Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen/Volume XX, No. 01, Februari 2016: 19-34.

Atmoko, Waluyo dan Setyawan, Didik. 2013. Green Marketing : Memperkuat Daya Saing Merek melalui Green Brand Equity. Jurnal pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Setia Budi Surakarta. Surakarta : tidak diterbitkan.

Azmi, Shalahuddin. 2016. Pengaruh Green Produk Green Advertising dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta : tidak diterbitkan.

Baihaki, Imam. 2012. Sejarah Perkembangan Handphone Pintar Samsung. Tersedia : https://www.beritateknologi.com/sejarah-perkembangan-handphone-pintar-samsung/. [15 Desember 2018].

Budianto, Dr Apri. 2015. Manajemen Pemasaran - Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Dahwilani, Dani M. 2017. Inovasi Samsung Desain Produk Ramah Lingkungan. https://autotekno.sindonews.com/read/12 15681/124/inovasi-samsung-desainproduk-ramah-lingkungan-1498055353 [12 Desember 2018].

Dewanti, Tiarani Rachma. 2018. Pengaruh Green Brand Image Terhadap Green Trust Serta Implikasinya Terhadap Green Purchase Intention. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 62 No. 1 September 2018.

Fayol, Henry. 2010. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT. Elex Media.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta : Cetakan Pertama. Graha Ilmu.

Gecti, Fatih dan Zengin, Hayrettin. 2013. The Relationship Between Brand Image, Brand Trust, Brand Affect, Attitudinal Loyality and Behavioral Loyality : A Field Study Towards Sports Shoe Consumers in Turkey. International Journal of Marketing Studies. Volume 5. No. 2 ; 2013 ISSN 1918-719x E-ISSN 1918-7203.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyality Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.

Griffin, R. W., & Ebert, R. J. 2006. Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Handoko, T. Hani, 2008. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Yogyakarta : Penerbit BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2008. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Jilid 1. Erlangga.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Jilid 1. Erlangga.

Kumadji, Srikandi. et. al. 2010. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal pada Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Malang. Tidak diterbitkan

Noor, Mitha Fadilla. 2014. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty King Thai Tea Bandung. IMAGE, Volume III Nomor 2, November 2014.

Osiyo, Abraham Krishna dan Semuel, Hatane Prof Dr. 2016. Pengaruh Green Marketing Terhadap Green Brand Image dan Purchase Intention Pelanggan. Surabaya. Jurnal pada Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra. Tidak diterbitkan

Putra, Alfian Surya. 2018. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Konsumen. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Tidak diterbitkan

Rahayu Ningsih, Ekawati. 2013. perialaku konsumen (pengembangan konsep dan praktek dalam pemasaran). Kudus : Cetakan Kedua. Nora Media Enterprise.

Rakhmat, Sandi. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Layanan. Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen. Universitas Widyatama. Bandung. Tidak diterbitkan.

Riana, Gede. 2008. Pengaruh Trust In a Brand terhadap Brand Loyality pada Konsumen Air Minum Aqua di Kota Denpasar. Jurnal Buletin Studi Ekonomi. Vol. 13/2: 184-202.

Rizan, Mohammad. 2012. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012.

Robbins, Stephen P. dan Coulter M. 2010. Manajemen. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.

Sangadji, Dr Etta Mamang dan Sopiah, Dr. 2013. Perilaku Konsumen - Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Saputri, Marheni Eka. 2014. Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pelanggan Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi Volume. 13. No. 3 Desember 2014.

Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Indeks Gramedia.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta : Cetakan kedua. Indeks.

Sukmawati, Indah. 2011. Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Loyalitas Pelanggan Prima Swalayan Cabang Nganjuk. Skripsi pada program studi Psikologi Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik. Malang : tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis – Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Cetakan Kedua. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta : PT Ghalia Indonesia.

Surachman. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan). Malang : Bayumedia Publishing.

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : Edisi 2. Remaja Rosdakarya

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management dan strategi. Yogyakarta : Andi Offset.

Warusman, Juwono Dwi dan Untarini, Nindria. 2016. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen Volume Nomor – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Zainuri, Didi. 2011. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Brand Image Motor Matic Honda Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan. Skripsi FEB UIN Syahid Jakarta. Tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.