Pengaruh Ekspektasi Pelanggan dan Bauran Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen (Suatu Studi Pada Konsumen Telkomsel di Desa Sukahurip)

Nur Widianti, Aini Kusniawati, Mujaddid Faruk

Abstract


ABSTRAKNur Widianti, Nim. 3402150236. “Pengaruh Ekspektasi Pelanggan dan Bauran Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen (Suatu Studi Pada Konsumen Telkomsel di Desa Sukahurip)”. Dibawah bimbingan DR. HJ.Aini Kusniawati, M.M (Pembimbing I) dan Mujaddid Faruk, S.E., M.M. (Pembimbing II).Penelitian ini difokuskan pada pengaruh ekspektasi pelanggan dan bauran promosi terhadap loyalitas konsumen (suatu studi pada konsumen Telkomsel di desa Sukahurip).Permasalahan yang dihadapi  dalam penelitian ini meliputi :1]. Bagaimana pengaruh variabel ekspektasi pelanggan terhadap loyalitas konsumen pada produk Telkomsel di desa Sukahurip?. 2]. Bagaimana pengaruh bauran promosi terhadap loyalitas konsumen pada produk Telkomsel di desa Sukahurip?. 3] Bagaimana pengaruh ekspektasi pelanggan dan bauran promosi terhadap loyalitas konsumen pada produk Telkomsel di desa Sukahurip?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengkaji dan menganalisis : 1] Untuk mengetahui pengaruh ekspektasi pelanggan terhadap loyalitas konsumen produk Telkomsel di desa sukahurip. 2] Untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap loyalitas konsumen produk Telkomsel di desa sukahurip. 3] Untuk mengetahui pengaruh ekspektasi pelanggan dan bauran promosi terhadap loyalitas konsumen pada produk Telkomsel di desa Sukahurip.Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sedangakan untuk menganalisa data yang diperoleh digunakan Analisis regresi sederhana dana berganda. Analisis koefisien korelasi sederhana dan berganda, uji koefisien detreminasi, uji parsial ( uji t), uji simultan (uji f).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa ekspektasi pelanggan dan bauran promosi berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel di desa Sukahurip dengan besarnya pengaruh 31,69% dan sisanya  68,31% dipengaruhi oleh faktor lain.Diharapkan PT Telkomsel dapat mempertahankan ekspektasi pelanggan dan penggunaan bauran promosi sehingga akan meningkatkan loyalitas konsumennya, namun PT Telkomsel perlu memperhatikan consumption (penggunaan) dan menunjukan kekebalan dari tarikan competitor sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Kata kunci: Ekspektasi Pelanggan, Bauran Promosi dan loyalitas Konsumen.  

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. Penerbit CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Jakarta. PT Rhineja Cipta.

Basu, Swasta, dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Buchory A, Herry dan Saladin Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung: CVLinda Karya.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran edisi revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran. Edisi kedua, cetakan Ketujuh, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta.

Gilbertz ,David. 2003. Retail Marketing Management. (second Edition). Prentice Hall.

Gasperz, V. 2008. Total Quality Manajemen. Gramedia. Pustaka Utama. Jakarta.

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Penerbit Erlangga.

Handoko,T Hani. 2011. Manajemen . Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke-13. Erlangga. Jakarta.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Erlangga. Jakarta.

Kotler Philip dan Keller Kevin. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

R, Terry, George dan Leslie W,Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta. Penerbit Bumi Aksara.

Robbins,P Stephen dan Coulter Mary. 2010. Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta .

Tjiptono Fandy. 2016. Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta. Penerbit Andi Offset.

Jurnal

Hatane Samuel. 2006. Ekspektasi Pelanggan dan Aplikasi Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Toko Modern dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol, 1. No, 2. Oktober 2006. 53-56.

Khansa, Suharyono, Edy. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan (survey pada mahasiswa BINUS university yang menggunakan jasa Go-jek di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 46, No. 2, Mei 2017. [diakses pada tanggal 6 maret 2019]

Rabiqy, Yohandes. 2016. Pengaruh Ekapektasi Pelanggan, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Telkomsel di Banda Aceh. SEMNAS FEKON. [diakses pada tanggal 6 Maret 2019].

Pratama, Rangga. 2009. Analisis Pengaruh Perceived Serqual, Customer Expectations dan Satisfaction sebagai Intervening Variabel Terhadap Peningkatan Intensi Pembelian Ulang oleh Konsumen. Fakultas Ekonomi dan Sosial UIN Jakarta.

Sandy, Febrian. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (survey pada mahasiswa jurusan bisnis angkatan 2010-2012 fakultas ilmu administrasi pengguna indosat di universitas brawijaya). Jurnal Adminitrasi Bisnis (JAB). Vol. 9. No.2 April 2014. [diakses pada tanggal 6 Maret 2019].

Surya, Aristo. Analisis Persepsi Konsumen Pada Aplikasi Bauran Pemasaran Serta Hubungannya dengan Loyalitas Konsumen (studi pada Hypermart cabang kelapa gading). Jurnal of Business Strategy and Execution 2 . 2009. Hal 13-39. [diakses pada tanggal 6 Maret 2019].

Vivi, Muchsin dkk. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 9 No. 17 Juni 2011.[diakses pada tanggal 6 Maret 2019]

Artikel

Kilatmaka, Singue. 2018. Jaringan Internet Telkomsel Bermasalah, Kecewa Informasi Call Centre. News.Detik.com. [diakses tanggal 05 Maret 2019]

Rayana, Uday. 2018. Membandingkan Pelanggan operator, sebelum dan sesudah Registrasi Ulang Prabayar. Seeluler.id. [diakses tanggal 26 Februari 2019]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.