PENGARUH ORGANIZATIONAL TRUST DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP JOB SATISFACTION (Suatu Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh, Kabupaten Ciamis)

kuswati kuswati, Renny Sri Purwanti, Iyus Yustini

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini difokuskan pada Pengaruh Organizational Trust Dan Employee Engagement Terhadap Job Satisfaction Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh, Kabupaten Ciamis. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana pengaruh organizational trust terhadap job satisfaction di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh, Kabupaten Ciamis?; 2). Bagaimana pengaruh employee engagement terhadap job satisfaction di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh, Kabupaten Ciamis?; 3). Bagaimana pengaruh organizational trust dan employee engagement terhadap job satisfaction di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh, Kabupaten Ciamis?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis koefisien korelasi, Uji koefisien determinasi, Uji hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t) dan Uji Signifikansi (Uji f). Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji korelasi secara simultan organizational trust dan employee engagement dengan job satisfaction memiliki tingkat hubungan yang rendah dan berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa hipotesis diterima, sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan organizational trust dan employee engagement terhadap job satisfaction. Artinya semakin baik organizational trust dan employee engagement maka job satisfaction semakin meningkat. Kata kunci : Organizational Trust; Employee Engagement dan Job Satisfaction 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Altuntas, Serap. dan Baykal, Ulku. 2010. Relationship Between Nurses’ Organiational Trust Levels and Their Organiational Citizenship Behaviors. Journal of Nursing Scholaship. Vol 42 (2). Halaman: 186-194.

Artadi, F. F. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Merapi Agung Lestari. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogya. Halaman: 1-74.

Chasanah, Chuswatun. 2012. Faktor-Faktor Pemicu Kepercayaan Organisasi dan Komitmen Profesi Pada Pegawai Kantor Pelayanan Pajak. Artikel Ilmiah. Vol 2 (1). Halaman: 1-20. Tersedia: (http://jorunal.perbanas.ac.id/index.php/tiar/article/view/316). [10 Februari 2019].

Farida, S. I. Iqbal, M. dan Kurniasih, A. 2016. Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja. Jurnal Kependidikan. Volume 46, Nomor 1. Halaman 121-134. Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9576

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Kreitner, R. dan Kinici, A. 2014. Perilaku Organisasi “Organizational Behavior”. Buku I. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 2 Tahun 2007 tanggal 2 januari 2007 tentang Organ dan Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum.

Priansa, D. J. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: penerbit Alfabeta.

Risa Maulida dan Nurlina. 2018. Pengaruh Keterlibatan Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Penghargaan (Reward) Sebagai Pemediasi Pada Bank Syariah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen. Vol. 3 (3). Halaman: 73-87. E-ISSN: 2598-635X Tersedia: http://jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/8093/3754. [10 Februari 2019].

Robbins, Stephen, P. 2003. Perilaku Organisasi. Versi Bahasa Indonesia. Edisi 8. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy, A. 2008. Perilaku Organisasi “Organizational Behavior”. Buku I. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia, Diana. 2003. Total Quality Management (TQM). Yogyakarta: penerbit Andi.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.