PENGARUH MARKETING MIX DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (studi pada ZOYA cabang Tasikmalaya)

novita presty eka putri, Nana Darna, Kasman Kasman

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Marketing Mix dan Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada Zoya Cabang Tasikmalaya)Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keunggulan bersaing di Zoya Tasikmalaya; 2) Untuk mengetahui pengaruh customer relationship management terhadap keunggulan bersaing di Zoya Tasikmalaya; 3) Untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan customer relationship management terhadap keunggulan bersaing di Zoya Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Berganda, Uji Signifikansi (Uji t) dan (Uji F).Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa marketing mix dan customer relationship management berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaingpada Zoya Cabang Tasikmalaya dengan besarnya pengaruh 26,32% dan sisanya sebesar 73,68% dipengaruhi oleh faktor lain.Diharapkan Zoya Cabang Tasikmalaya meningkatkan strategi marketing mix dan customer relationship management yang ada, agar mendorong pelanggan untuk kembali membeli produk serta terciptanya kepuasan pelanggan, sehingga keunggulan bersaing di Zoya Tasikmalaya meningkat.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2015. Pengantar Bisnis. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Fatonah, Siti. 2009. Pengaruh Bauran Pemasaran dan Orientasi pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada perusahaan Batik di Surakarta. Dalam Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Volume 6, No 1. Tersedia : http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/die/article/view/92

Indah, Dewi P. dan Devie. 2013. Analisa Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan. Dalam Jurnal Business Accounting Review. Volume 1, No 2. Tersedia : http://publication.petra.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/568

Kristanto, Jajat. 2011. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta : Erlangga.

Narver, J.C, & Slater, S.F & maclachlan, D.L. (2000). Total Market Orientation, Busnienss Performance And Innovation. Marketing Science Institute, Report no 116

Nguyen. Michel, S. T., Unger, J. B., & Spruijt-Metz, D. (2007) Dietary Correlates of Emotional eating in Adolescence. Appetite, 49(2): 494–499.

Peelen, E. 2005. Customer Relationship Management. England : Prentice Hall, Pearson Education.

Porter, Michael E. 2008. Strategi Bersaing (competitive strategy). Tangerang : Kharisma Publishing Group.

Shadiq, Fadjar. (2007). Penalaran atau Reasoning. Mengapa Perlu Dipelajari Para Siswa di Sekolah. Tersedia : http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2007/09/ok-penalarangerbang.pdf

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Penerbit Alfabeta

--------.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Vidyastuti, Heppy A. 2011. Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa dan Manajemen Kerelasian Pelanggan terhadap Keunggulan Bersaing serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan Seluler di Jawa Barat). Tersedia : http://jurnal.unpad.ac.id/ijeb/article/view/2665

Wang, Yonggui dan Hui Feng, 2012,Customer Relationship MangementCapabilities : measurement, antecedents and consequences.ManagementDecisionVol. 50 No.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.