PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada PD Sumber Rezeki Singaparna)

MARYATI maryati, Nana Darna, Ali Muhidin

Abstract


PENGARUH CITRA PERUSAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASN KONSUMEN(Studi  pada PD. Sumber Rezeki Singaparna)Oleh Maryati 3402150368ABSTRAKMaryati, 2019, “Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Sumber Rezeki Singaparna)”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Nana Darna, S.E.,M.M, (Pembimbing I) dan Bapak Ali Muhidin, S.Pd.,M.M (Pembimbing II) Penelitian difokuskan pada pengaruh Citra perusahaan dan Kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen (suatu studi pada PD.Sumber Rezeki Singaparna).Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada PD. Sumber Rezeki Singaparna? 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada PD Sumber Rezeki Singaparna? 3) Untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di PD Sumber Rezeki Singaparna?Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini dengan metode deskriptif analisis dan korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang responden yaitu pelanggan PD. Sumber Rezeki Singaparna yang pemecahan masalah dalam penelitiannya dilakukan dengan menggunakan analisis statistik berdasarkan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui angket atau kuesioner dari subjek penelitian.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen pada Pd. Sumber Rezeki Singaparna dengan besarnya pengaruh 55,95% dan sisanya sebesar 44.05% dipengaruhi oleh faktor lain.Diharapkan PD. Sumber Rezeki Singaparna meningkatkan Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan yang ada, agar mendorong Konsumen untuk kembali membeli produk serta terciptanya kepuasan Konsumen, sehingga Kepuasan Konsumen  di PD. Sumber Rezeki Singaparna meningkat. Untuk lebih meningkatkan kepuasan konsumen pada Sumber Rezeki Singaparna maka sebaiknya pihak perusahaan lebih meningkatkan citra perusahaan dan kualitas layanan. Mengingat citra perusahaan dan kualitas layanan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen.Kata kunci: Citra Perusahaan, Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2002. Pengantar Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Bachtiar (2011),Pengertian Kepuasan Konsumen Journal of Marketing, Volume 39

Kotler dalam buku Sunyoto (2013:.35), Pengertian kepuasan konsumen

Kotler, Philip.2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2, Jakarta: PT Prenhallindo.

Nguyen dan Blanc dalam et. Al (2005: 67), Citra Perusahaan

Salam, 2010: 84 Pengertian Citra Perusahaan

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif ,kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suratno, 2016. Pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel Intervening pada PT Pelabuhan indonesia 111 Semarang. Journal of Management, Volume 2, No 2

Tjiptono, Fandy, Georgorius Chandra. 2007. Service, Quality satisfaction. Andi Ofset, Yogyakarta

Tjiptono dalam Sunyoto (2012), Pengertian Kualitas Layanan atau Mutu

Tjiptono, Fandy, (2000), Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, (2005), Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Malang.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorious dan Adriana, Dedi. 2008. Pemasaran Strategic, Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Strategi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Tjiptono, Fandy, Gregorius,Chandra, Dadi, Adriana. 2011. Pemasaran Strategi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.