PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Suatu Studi Pada Disribution Store Eight Wardrobe Tasikmalaya)

Rahma Apryliani, Apri Budianto, Nina Herlina

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Karakteristik Produk dan Kebijakan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen.Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana Pengaruh Karakteristik produk terhadap minat beli konsumen Eight Wardrobe Tasikmalaya? ; 2) Bagaimana Pengaruh Kebijakan harga terhadap minat beli konsumen Eight Wardrobe Tasikmalaya? ; 3) Bagaimana Pengaruh Karakteristik produk dan kebijakan harga terhadap minat beli konsumen Eight Wardrobe Tasikmalaya?Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang dijadikan objek penelitian adalah sebanyak 71 orang responden. Dalam penelitiaan ini pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket atau kuesioner dari subyek penelitian.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa karakteristik produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada distro Eight Wardrobe Tasikmalaya dengan besarnya pengaruh 7,72% dan sisanya 92,28% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hal ini menunjukan bahwa tingkat hubungan rendah. Kebijakan harga berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen dengan besarnya pengaruh 44,35% dan sisanya 55,65% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hal ini menunjukan bahwa tingkat hubungan kuat. Karakteristik produk dan Kebijakan harga berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen dengan besarnya pengaruh 44,48% dan sisanya 55,52% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hal ini menunjukan bahwa Karakteristik produk dan Kebijakan harga terhadap minat beli konsumen mempunyai tingkat hubungan yang kuat.

Full Text:

PDF

References


Agustini. 2013. Pengelolaan dan Unsur – unsur manajemen. Jakarta : Citra Pustaka

Anrietha, L. 2018. Pengaruh Kebijakan Harga dan promosi Terhadap Keputusan Pelanggan. Skripsi pada Program Studi Manajemen FE Universitas Negeri Makasar

Basu, Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cetakan ke 13 Penerbit Liberty

Buchari, Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alphabeta, Bandung

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi,. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Latief, Abdul. 2018. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.7, NO.1. Diakses pada 27-02-2019

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Penerbit : Universitas Brawijaya Pres

Handoko, T Hani. 2009. Manajemen. Yogyakarta : BPEF-YOGYAKARTA

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta : Penerbit PT. Bumi Aksara

Herry Achmad, dan Djaslim, S. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung : CV. Linda Karya

Jonathan, Herdioko 2017. Pengaruh produk dan harga terhadap minat beli konsumen dalam berbelanja produk kopi secara daring: studi kasus pada situs internet otten coffee. JRMB, Volume 12, No. 2. Diakses pada 27-02-2019

Kotler, Philip dan Kevin Lane keller. 2008. Manajemen Pemasaran . Jilid 1, Jakarta : Penerbit Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke 12, Penerbit Erlangga, Jakarta

Kotler, dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta : Erlangga

Marchelyno, Sundalangi et, al. 2014. Kualitas produk, daya tarik iklan, dan potongan harga terhadap minat beli konsumen pada pizza hut manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.1 Diakses pada 27-02-2019

Nela, Kristiana et, al. 2012. Pengaruh persepsi atribut produk terhadap minat beli konsumen mobil merek isuzu elf studi pada PT. Karya zirang utama isuzu semarang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, Vol 3 Nomor 1. Diakses pada 27-02-2019

Riduwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alpabeta.

Ryerson. 2009. Consumer Behaviour Perilaku Konsumen dan Stategi Pemasaran . Jakarta : Erlangga.

Santri, Zulaicha et, al. 2016. Pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di morning bakery batam. Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol. 4, No. 2, hlm. 125-136. Diakses pada 16-01-2019

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Syamsuddin. 2017. Penerapan fungsi-fungsi Manajemen. Jurnal Idaarah, Vol. I. Diakses tanggal 29-12-2018

Tjiptono, Fandy. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta : Penerbit CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2010. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.