Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi Dan Keadilan Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai (Suatu Studi pada PT. PP Presisi Tbk Tasikmalaya)

Siska Hidayanti, Apri Budianto, Wiwin Setianingsih

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait belum optimalnya kepuasan kerja di PT. PP Presisi Tbk yang dapat dilihat dari target yang rata-rata belum terpenuhi karena kurangnya dukungan dan adanya rasa ketidak adilan yang dirasakan oleh para pegawainya. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap kepuasan kerja; untuk mengetahui pengaruh keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja; untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi dan keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja. Metode yang digunakan adalah metode survey explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persepsi dukungan organisasi sudah baik; keadilan organisasi sudah baik; kepuasan kerja sudah baik; persepsi dukungan organisasi dan keadilan organisasi secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja; persepsi dukungan organisasi dan keadilan organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja.

Full Text:

PDF

References


Anwar, A Alawiya, et al. 2019. Clinical Autonomy dan Kepuasan Kerja Dokter Era JKN. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Fattah, Dr. H. A. Hussein. 2017. Kepuasan Kerja & Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Elmatera.

Hartanto, Frans Mardi. 2009. Paradigma Baru Manajemen Indonesia. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Ismainar, Herty. 2018. Manajemen Unit Kerja. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Robbins, Stephen P. and Judge Thimoty A. 2008. Organizational Behavior. Trans. Diana Angelica, Rio Cahyani dan Abdul Rosyid. Jakarta: Salemba Empat.

Rosyiana, Iffah. 2019. Innovative Behavior At Work. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sari, Nenin Kartika. 2019. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi dan Keadilan Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Karyawan PT. Dwiwira Lestari Jaya Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Psikologi Fisip Volume 7, No. 1. Tersedia: http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id.

Sudaryo, Dr. Yoyo, et al. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Suryani, Ni Kadek & FoEh, John E.H.J. 2018. Kinerja Organisasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.