PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi pada Pegawai ASN RSUD Kabupaten Ciamis)

Ika Hayati, Aini Kusniawati, Mukhtar Abdul Kader

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai (Studi pada Pegawai ASN RSUD Kabupaten Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja pegawai di RSUD Kabupaten Ciamis. (2) Bagaimana pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai di RSUD Kabupaten Ciamis. (3) Bagaimana pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai di RSUD Kabupaten Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Besarnya pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja pegawai di RSUD Kabupaten Ciamis. (2) Besarnya pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai di RSUD Kabupaten Ciamis. (3) Besarnya pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai di RSUD Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Deskriptif dan Veripikatif meliputi Analisis Koefesien Korelasi Sederhana, Analisis Koefesien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefesien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikan (Uji t dan Uji F). Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja berpengaruh positif  dan signifikan Secara Simultan terhadap kinerja pegawai  pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis dengan pengaruh 0,491% dan sisanya 0,509% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis mempertahankan dan Memperhatikan Tingkat Pendidikan dan Pengalman Kerja sehingga dapat menigkatkan Kinerja Pegawai.

Full Text:

PDF

References


Devischa, Mukzam. 2018. Pengaruh Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Tersedia:http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2706. Diakses (05-01-2020)

Handoko, T.H. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:BPPF

Hasibuan, Maluyu S.P.2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:BPPF

PP N0 30 tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil

Reza, Wahyu Prima. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Penempatan Terhadap Kinerja Karyawan terhadap Kinerja Karyawan. Faculty of Economic Riau University, Pekanbaru, Indonesia. Tersedia: https://www.neliti.com/journals/jom-fe-unri. Diakses (15-12-2019)

Soekidjo, Notoatmodjo. 2018. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

-------2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

-------2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

UU RI No. 20 Thn 2003 Bab 1, Pasal 1, ayat 8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.