PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Pembeli Yang Menghuni Perumahan Garden City Ciamis)

Hikmatunnisa Hikmatunnisa, Renny Sri Purwanti, Iwan Setiawan

Abstract


Hikmatunnisa, NIM. 3402160248. “Pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada pembeli yang menghuni Perumahan Garden City Ciamis)”. Dibawah bimbingan Ibu Renny Sri Purwanti. S.Pd., M.M. (Pembimbing I) dan Hj Iwan Setiawan, S.E., M.M. (Pembimbing II).Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Green Product dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Pembeli yang menghuni Perumahan Garden City Ciamis). Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Pengaruh Green Product terhadap keputusan pembelian perumahan Garden City Ciamis ? 2) Bagaimana Pengaruh Green Advertising terhadap keputusan pembelian perumahan Garden City Ciamis? 3) Bagaimana pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap keputusan pembelian perumahan Garden City Ciamis. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Pengaruh Green Product terhadap keputusan pembelian perumahan Garden City Ciamis. 2) Pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap keputusan pembelian perumahan Garden City Ciamis. 3) Pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap keputusan pembelian perumahan Garden City Ciamis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode verifikatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner responden. Dalam penelitian ini berjumlah 55 responden yang merupakan pembeli yang menghuni Perumahan Garden City Ciamis. Rancangan pengujian hipotesis menggunakan Analisis Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Uji t dan Uji f. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa: 1) Green Product berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 43% sedangkan sisanya 57% merupakan faktor lain yang tidak diteliti. 2) Green Advertising berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 41,60% sedangkan sisanya 58,40% merupakan faktor lain yang tidak diteliti. 3) Green Product dan Green Advertising berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 44,48% sedangkan sisanya 55,52% merupakan faktor lain yang tidak diteliti.Diharapkan Perumahan Garden City Ciamis lebih meningkatkan green product dan green advertising terutama dalam memberikan fasilitas kepada pembeli dan lebih menciptakan suasana yang sehat serta penghijauan.

Full Text:

PDF

References


Ady, Rony Arpito. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Berbasis Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli yang Menempati Perumahan Citra Pesona Indah Colamandu). Jurnal Ilmiah Akuntansi Edisi No.8, 5-6.

Ayu, Nursyamsi. 2013. Pengaruh Strategi Green Marketing pada Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Rumah di Perumahan PT. Asta Karya Pekanbaru. Jurnal Manajemen. Tersedia: https://repository.unri.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3555/JURNAL%20NURSYAMSI%20AYU.pdf?sequence=1 [21 Desember 2019]

American Marketing Association. 1995. “Dictionary”. Tersedia: https://www.ama.org/resources/pages/Dictionary.aspx/dLetter=G?dLetter=G. [7 Februari 2020]

Banerjee, S., Gulas, C. S., & Iyer, E. 2006. Shades of green : A multidimensional analysis of environmental advertising Journal of Advertising , Volume:2 No.24, hal 3-21

Byrne, M. 2003. Understanding Consumer Preference Across Environmental Marketing Mix Variations. OIKUS University of Newscastle.

Chatterjee, P. (2009), ‘‘Green brand extension strategy and online communities’’, Journal of Systems and Information Technology, Vol. 11 (4), pp. 367-84.

D’Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., and Peretiatkos, R. 2006. Green Product and Corporate Strategy: An Empirical Investigation. Society and Business Review. Vol. 1 Iss: 2, 144-157.

Hawkkins, Del I. and David L. Mothershaugh. 2010. Consumer Behavior Building Marketing Strategy. 11th ed. New York: McGraw-Hill.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jilid 1. Indonesia: Penerbit PT. Index

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jilid 2. Indonesia: Penerbit PT. Index

Kotler, P dan Keller, K. 2012, Marketing Management, 14th edition, Harlow: Pearson Education. Jakarta: Penerbit Erlangga

Lovia Friska, Panjaitan. M. 2014. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen (studi: Cluster Whelford di Bumi Serpong Damai). FISIP UI, 2014.

Shamsuddoha, M., Sarkar, M. A. R., & Begun, H. (1995). Customer realization on green marketing. Society and Business Review. Vol. 1 ;pp.1 pgs. Emerald Group Publishing Limited.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

Sumarwan, Ujang, A.G, Prihartono, A.W Sumarlin, D.A. Mamahit, E. Purnomo Hadi, J. Hasan, M. Ahmady, R. Wulandari, T. Haryono. 2012. Riset Pemasaran dan Konsumen. Seri 2. Bogor: PT Penerbit IPB Press

Tan, T. H. 2013. Use of Structural Equation Modeling to Predict the Intention to Purchase Green and Sustainable Homes in Malaysia. Asian Social Science, 181-191.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi: Yogyakarta.

Qurniawati, Rina Sari. 2017. Theoritical Review Teori Pemasaran Hijau. Dalam Among Makarti. Vol 10 (20), 75 hlm. Tersedia: https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/153. [12 Desember 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.