PENGARUH PENERAPAN MATERIAL REQUIREMENT PLANNING TERHADAP PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU (Studi Pada PT. Albasi Priangan Lestari)

Pitri Komalasari, Enas Enas, Enjang Nursolih

Abstract


Requirement Planning Terhadap Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Studi Pada PT. Albasi Priangan Lestari di Banjar)”. Dibawah bimbingan Dr. H. Enas, S.E., M,M. dan Enjang Nursolih, S.H., M.M.Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Penerapan Material Requirement Planning Terhadap Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Studi Pada PT. Albasi Priangan Lestari di Banjar). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini : 1) Bagaimana penerapan Material Requirement Planning pada PT. Albasi Priangan Lestari? 2) Bagaimana pengendalian persediaan bahan baku pada PT. Albasi Priangan Lestari? 3) Bagaimana pengaruh Material Requirement Planning terhadap pengendalian persediaan bahan baku pada PT. Albasi Priangan Lestari? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefesien Korelasi Sederhana, Analisis Regresi Linier, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Parsial (Uji t). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa penerapan Material Requirement Planning berpengaruh terhadap pengendalian persediaan bahan baku sebesar 7,84%, sementara 92,16% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.Kata Kunci : Penerapan Material Requirement Planning dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Budianto, Apri. 2017. Manajemen Operasional Studi Manajemen Operasi Industri, Jasa, dan Publik. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Fahrudin, V. 2009. Penerapan Material Requirement Planning Pada Pengendalian Persediaan Bahan baku dan Pengaruhnya Terhadap Minimasi Biaya Persediaan (Studi Pada PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta). Skripsi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Tidak diterbitkan.

Kholmi, Masiyal. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPPE.

Herjanto, Eddy. 2008. Manajemen Operasi. Edisi Ketiga. Jakarta: Grasindo.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prawirasontono, Suyadi. 2010. Manajemen Operasi: Analisis dan Studi Kasus. Edisi ke 3. Cetakan ke 1. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.