PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBENTUKAN IMAGE PRODUK (Suatu Studi pada Pengguna ponsel Samsung di Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Galuh Tahun Angkatan 2017)

Eka Puji Darsono, Nurdiana Mulyatini, Faizal Haris Eko Prabowo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kepercayaan konsumen terhadap kualitas dari Hand Phone Android Samsung yang dibuktikan dengan adanya anggapan konsumen mengenai harga HP Samsung yang cukup mahal dibandingkan dengan HP android yang lainnya sehingga ada konsumen lebih memilih HP android jenis lain. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana persepsi konsumen pada Pengguna ponsel Samsung di Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas?; 2) Bagaimana pembentukan image produk pada Pengguna ponsel Samsung di Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Galuh?; 3) Bagaimana pengaruh persepsi konsumen terhadap pembentukan image produk pada Pengguna ponsel Samsung di Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Galuh? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan data kuantitatif dan analisis data kuantitatif deskriptif, kuantitatif asosiatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Sutdi Manajemen Universitas Galuh tahun angkatan 2017 yaitu sebanyak 406  orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 80 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Persepsi konsumen terhadap ponsel Samsung pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis  saat ini sudah cukup baik. Artinya bahwa selama ini persepsi konsumen terhadap ponsel Samsung pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis  sudah cukup baik; 2) Pembentukan image produk ponsel Samsung pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis sudah cukup tinggi. Artinya bahwa selama ini pembentukan image produk ponsel Samsung pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis cukup tinggi; 3) Persepsi konsumen berpengaruh terhadap Pembentukan image produk ponsel Samsung pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis. Begitu pula berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel artinya terdapat pengaruh yang positif persepsi konsumen terhadap Pembentukan image produk dapat diterima, karena telah teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. dan Alexander L. Biel. 2012. Brand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates. Inc., Hillsdale.

Alma, Buchari. 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Apri Budianto. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen, Cetakan Duapuluh. Yogyakarta : Penerbit. BPEE.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Tourism Marketing 3.0. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Keller, Kevil Lane. 2009. Manajemen Pemsaran. Jilid I. Edisi ke Tigabelas, Terjeman Bob Sabran, MM . Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, Naresh K. 2010. Riset Pemasaran (Marketing Research) (Edisi 4 Jilid 1).New Jersey, Indonesia: PT. Indeks.

Mesiono, 2010. Manajemen dan Organisasi. Bandung. Citra Pustaka Media Perintis.

Natalia. 2012. Pengaruh Reputasi Auditor Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2000 –2009”, Skripsi: Universitas Indonesia.

Norman A. Hart dan John Staplenton. 2012. Kamus Marketing. Jakarta : PT Aksara Bumi.

Nugroho, setiadiJ, 2010, perilaku konsumen : konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian bisnis pemasaran, Prenada Media, Jakarta.

Permatasari. 2013. Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Mawar Sharron Wanea Manado”, Jurnal EMBA, Vol.1, No.3, Halaman 639-647.

Schiffman, L dan Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indek.

Setyaningrum, Ari et.al. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi I. Yogyakarta: Andi.

Simamora, Bilson. 2009. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka.

______. 2012. Panduan Riset Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.