PENGARUH BEBAN KERJA DAN JOB INSECURITY TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis)

Indah Luthfi Fauzia Ramadhanti, Nana Darna, Nina Herlina

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adanya perbedaan gaji/upah serta intensif antara pegawai ASN dengan pegawai Non-ASN. Serta tidak adanya jaminan kesehatan bagi pegawai non-ASN, hal ini yang mengakibatkan ketidakpuasan pegawai Non-ASN. ketidakjelasan status kepegawaian dan tingkat pendapatan yang tidak menentu, berakibat pada meningkatnya tingkat ketidakpuasan kerja, pegawai mengalami rasa tidak aman dalam hal ini pada kondisi pekerjaan, konflik peran, sulitnya mengembangkan karir karena ketidakstabilan pada status pekerjaan yang hanya sebagai pegawai tidak tetap. Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari metode survey dengan pendekatan kauntitatif adalah untuk mengetahui langsung pengaruh beban kerja dan job insecurity terhadap kepuasan kerja serta menguji teori dengan pengujian suatu hipotesis yang dapat diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan dan penelitian pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis, menunjukan bahwa beban kerja tidak mempengaruhi kepuasan kerja pegawai. job insecurity tidak mempengaruhi kepuasan kerja, dan secara simultan beban kerja dan job insecurity berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis. Sebaiknya instansi memberikan promosi jabatan untuk pegawai yang memiliki kinerja tinggi. Sebaiknya instansi memberikan tanggungjawab pekerjaan sesuai dengan tugas dan fungsi pegawai dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pegawai.

Full Text:

PDF

References


Ardati, Febri Furqon. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Merapai Agung Lestari. Yogyakarta.

Halimah, T. N., Fathoni, A., dan Minarsih, M. M. 2016. Pengaruh Job Insecurity, Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Turnover Intention Pramuniaga di Galael Supermarket (Studi Kasus pada Galael Superindo Kota Semarang). Journal of Management.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Novliadi, Ferry. 2009. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi Pembelajaran dengan Job Insecurity Pada Karyawan. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/3645 diakses pada tanggal 16 Desember 2019

Soegandhi, Vannecia. M dkk. 2013. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan PT Surya Timur Sakti Jatim. Volume 1. Nomor 1. Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen. Universitas Kristen Petra.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarwaka. 2014. Ergonomi Industri (dasar-dasar pengetahuan ergonomic dan aplikasi ditempat kerja). Surakarta: harapan Press

Tobing, Diana, Sulianti K.L. 2009. Pengaruh Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara III di Sumatera Utara. Jurnal Manajemen danKewirausahaan. Vol.11.No.1.Maret 2009. Hal.31-37.

Udriyah, Dkk. 2017. Pengaruh Beban Kerja, Work-Family Conflict Dan Job Insecurity Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Turnover Intention Di Pt Binabusana Internusa Semarang. Admisi & Bisnis Volume 18 No 3

Yo, Putu Melati Purbaningrat dan Ida bagus Ketut Surya. 2015. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dengan Stress Kerja Sebagai Variabel Mediasi. E-jurnal Manajemen Unud, Vol.4, No. 5 ISSN: 2302-8912


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.