Pengaruh iklan dan kemasan terhadap pembentukan citra merek rokok dunhill mild (suatu studi pada masyarakat dusun rancah)

Dian Nurhidayat, Sukomo Sukomo, Iyus Yustini

Abstract


Dian Nurhidayat, NIM. 3402160412. “Pengaruh Iklan dan Kemasan terhadap Pembentukan Citra Merek Rokok Dunhill Mild (Suatu Studi Pada Kalangan Masyarakat Dusun Rancah). Dibawah Bimbingan Dr. H. Sukomo, Drs., M.Si. (Pembingbing I). Dan Hj. Iyus Yustini, S.Pd., M.M. (Pembingbing II)Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Iklan Kemasan Terhadap Pembentukan Citra Merek Rokok Dunhill Mild (Suatu Studi Pada Masyarakat Dusun Rancah).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1) Seberapa Besar Pengaruh Iklan Terhadap Pembentukan Citra Merek Rokok Dunhill Mild di Kalangan Masyarakat Dusun Rancah?; 2) Seberapa Besar Pengaruh Kemasan Terhadap Pembentukan Citra Merek Rokok Dunhill Mild di Kalangan Masyarakat Dusun Rancah?; 3) Seberapa Besar Pengaruh Iklan dan Kemasan Terhadap Pembentukan Citra Merek Rokok Dunhill Mild di Kalangan Masyarakat Dusun Rancah? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) Besarnya Pengaruh Iklan Terhadap Pembentukan Citra Merek Rokok Dunhill Mild di Kalangan Masyarakat Dusun Rancah; 2) Besarnya Pengaruh Kemasan Terhadap Pembentukan Citra Merek Rokok Dunhill Mild di kalangan Masyarakat Dusun Rancah; 3) Besarnya Pengaruh Iklan dan Kemasan Terhadap Pembentukan Citra Merek Rokok Dunhill Mild di Kalangan Masyarakat Dusun Rancah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel yang di jadikan objek penelitian adalah Masyarakat sebanyak 60 orang. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis Koefisien Korelasi sederhana, Koefisien Korelasi Berganda, Uji Regresi Linier Ganda Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis Menggunakan Uji Signifikasi Uji (Uji T) dan Uji Signifikasi (Uji F).Hasil Penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa : 1) Pengaruh iklan terhadap pembentukan citra merek Dunhill Mild di kalangan masyarakat Dusun Rancah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembentukan citra merek adapun besarnya pengaruh iklan terhadap citra merek yaitu sebesar 57,34%. 2) Pengaruh kemasan terhadap pembentukan citra merek Dunhill Mild di kalangan masyarakat Dusun Rancah memiliki pengaruh yang positif tapi tidak signifikan terhadap variabel citra merek, adapun besarnya pengaruh kemasan terhadap citra merek sebesar 1,63%. 3) Pengaruh iklan dan kemasan terhadap pembentukan citra merek Dunhill Mild di kalangan masyarakat Dusun Rancah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, adapun besarnya pengaruh iklan dan kemasan terhadap pembentukan citra merek sebesar 20,16%.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aaker, David A. 1996. Bulding Strong Brands. New York :The Free Press.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Belch, George E dan Michael A. Belch, 2012. Advertising and Prmotion : An Integrated Marketing Comunication Perspectives, Global Edition. New York: MeGraw-Hill/Irwin.

Budianto, Apri. 2012. Manajemen Pemasaran II. Ciamis : Diktat Kuliah Fakultas Ekonomi Universitas Galuh.

___. 2012. Manajemen Pemasaran. Ciamis : Tidak Diterbitkan

Hasibuan, Melayu. 2012. “Manajemen Sumber Daya manusia”. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 12. Jakarta : cetakan ke dua. PT. Indeks.

___. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta : PT. Indeks.

___. 2011. Marketing Management 14th Edition. New Jersey : Prentice Hall, Pearson Education Inc.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 11. Jakarta : PT Indeks.

___. 2011 Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Shimp, Terrence A. 2008. Advertising, Promotion, and Other Aspect of integrated Marketing Communication. Canada : South-Western Cengage Learning.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

___, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

___. 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf, dan R&D. Bandung : Alfabeta

___. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.

___. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabet, CV.

___. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, Bambang S. 2013. Dimensi of Brand Image : A Conceptual Review from the perspective of Brand Comunication. Dalam European Journal of Bussines and Management. Tersedia : http:/www.iiste.org/Journals/index.php/EJB/article/view/9465/9670.

Peter J. Paul dan Olson Jerry C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy 9th ed. New York, USA: Mc GrawHill

Budianto, Agus dan Gwendolyn Ingrid Utama Aspek Jasa Pelayanan Kesehatan dalam Persepektif Perlindungan Konsumen, Bandung Karya Putra Darwati, 2010.

Sumber Lain :

Anonim. 2007, Konsumsi Rokok dan Prevalensi Merokok. Tersedia : http:/www.ino.searo.who.int/LinkFiles/Tobacco_Initiative_Bab_1-Rokok_dan_Prevalensi_Merokok.doc.doc (02 Februari 2014).

Wijaya, Dr. Awi Muliadi. 2011. Data dan Situasi rokok (Cigarette) terbaru. Tersedia

: http:/www.infodokterku.com/component/content/article/25-data/data kesehatan/143-data-dan-situasi-rokok-cigarette-indonesia-terbaru

(20 Juni 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.