PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (Suatu Studi pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar

Aldi Dwi Putra, Nana Darna, Ali Muhidin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya komitmen organisasi pegawai pada BPPKAD Kota Banjar yang dapat dilihat dari adanya pegawai yang melakukan tindakan indisipliner dalam bekerja serta akselerasi penyelesaian tugas dan kemampuan menyusun agenda kegiatan yang masih belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya karakteristik pekerjaan dan komunikasi interpersonal.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar?; 2) Bagaimana pengaruh komunikasi interpersonal  terhadap komitmen organisasi pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar?; 3) Bagaimana pengaruh karakteristik pekerjaan dan komunikasi interpersonal  terhadap komitmen organisasi pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yakni metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah pegawai yaitu sebanyak 79 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 79 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)     Karakteristik pekerjaan pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar adalah sangat sesuai/baik . Begitu pula berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar; 2) Komunikasi interpersonal pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar adalah sudah efektif. Begitu pula berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif komunikasi interpersonal terhadap komitmen organisasi pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar.  3) Komitmen organisasi pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar adalah sangat tinggi. Begitu pula berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif karakteristik pekerjaan dan komunikasi interpersonal terhadap komitmen organisasi pada Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjar. Artinya apabila karakteristik pekerjaan suadah sesuai dan komunikasi interpersonal sudah efektif maka komitmen organisasi akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Allen N.J., Meyer J.P. 1990. The measurement and antecendents of affective, continuance, and normative commitment to the organization. Journal of Accupational Psychology, vol. 63. pp. 1-8.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Gibson, James L. et. al. 2012. Organizational Behavior Structure Processes Eight Edition. Boston : Richard Dirwin Inc Hocnewood.

Hasibuan, Malayu S.P., 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Mathis dan Jackson. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua. Bandung : Salemba Empat.

Robbins, S. P dan Judge. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Siagian, Sondang P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Thoha, Mifta. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

West, Richard dan Lynn H. Turner. 2007. Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika.

Wisnuwardhani, Dian dan Sri Fatmawati. 2012 Hubungan Interpersonal. Jakarta : Salemba Humanika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.