PENGARUH PENGAWASAN KERJA DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP DISIPLIN KERJA (Suatu Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis)

Eva Maria Ulfah, Oyon Saryono, Nina Herlina

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini kurang optimalnya disiplin kerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis, belum optimalnya pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan kepada pegawai serta kuranya pengawasan yang efektif dari pimpinan, kurang optimalnya komunikasi internal antara pimpinan dan bawahan seingga sering terjadinya kesalahan dalam melakukan pekerjaan sehingga memperlambat dalam penyelesaian pekerjaan. Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari metode suatu cara memperoleh, maupun mencatat data baik primer maupun sekunder yang digunakan untuk menyusun suatu karya ilmiah yang kemudian dianalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan permasalahan sehingga ditemukan suatu kebenaran atas data yang diperoleh. Berdasarkan hasil perhitungan dan penelitian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis, menunjukan bahwa hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Terdapat pengaruh antara pengawasan kerja terhadap disiplin kerja; Tidak terdapat pengaruh antara komunikasi internal terhadap disiplin kerja; Terdapat pengaruh pengawasan kerja dan komunikasi internal terhadap disiplin kerja karyawan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Sebaiknya instansi untuk meningkatkan disiplin kerja pegawai, pemimpin perlu lebih memperhatikan pengawasan kerja dan komunkasi internal pada instansi.Kata Kunci    : Pengawasan Kerja, Komunikasi Internal, dan  Disiplin Kerja

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, Achmad Mahathir. 2012. Analisis Produktivitas Kerja Karyawan Melalui Pelatihan Pada PT. Bank Cabang Indonesia ( Persero ) TBK. Cabang Makasar.

Anggraeni, R., Rasto. 2012. Job Satisfaction and Organizational Commitment as Determinants of Teacher Performance, The 1st Global Conference on Business, Management and Entreupreuneurship (GCBME-16), Advances in Economics, Business and Management Research, 15, 525–529.

Davis, Keith, & Jhon W. Newstrom, 2005. Perilaku Dalam Organisasi, Edisi Ketujuh, Alih Bahasa Agus Darma, Jakarta: Erlangga.

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilanbelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Gie, The Liang 2010. Administrasi Perkantoran. Yogyakarta : Modern Liberty

Handayaningrat, Soewarno. 2015. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Haji Masagung.

Handoko, T Hani. 2008. Manajemen Personalisa Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua, Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, Malayu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Robbins, S. 2008. Perilaku Organisasi, Jilid I dan II, alih Bahasa : Hadyana

Sarwoto. 2007. Dasar-dasar Organisasi Manajemen. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Usman, Husni. 2013. Manajemen Teori, Praktif, dan Riset Pendidikan. Edisi Keempat. Jakarta Timur: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.