PENGARUH NILAI-NILAI PELANGGAN DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KESETIAAN PELANGGAN (Suatu Studi pada PT. Astra Motor Cabang Banjar)

Indra Indrawan, Elin Herlina, Mujaddid Faruk

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar Hal tersebut  dapat dilihat dari masih adanya konsumen yang kurang memiliki kepercayaan terhadap produk Honda yang dipasarkan oleh perusahaan serta masih ada konsumen yang mengeluh mengenai kualitas produk tersebut yang belum sesuai dengan harapan konsumen. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya nilai-nilai pelanggan dan ekuitas merek pada PT. Astra Motor Cabang Banjar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh nilai-nilai pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?; 2) Bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?; 3) Bagaimana pengaruh nilai-nilai pelanggan dan ekuitas merek terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar?Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yakni metode penelitian kuantitatif. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah  rata-rata konsumen PT. Astra Motor Cabang Banjar  pada bulan  Agustus–Desember 2019 yaitu sebanyak 362 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 78 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh nilai-nilai pelanggan terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar, artinya semakin baik nilai-nilai pelanggan  maka kesetiaan pelanggan  akan meningkat; 2) Terdapat pengaruh ekuitas merek terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar, artinya semakin baik ekuitas merek maka kesetiaan pelanggan  akan meningkat; 3) Terdapat pengaruh nilai-nilai pelanggan dan ekuitas merek terhadap kesetiaan pelanggan pada PT. Astra Motor Cabang Banjar, artinya semakin baik nilai-nilai pelanggan dan ekuitas merek maka kesetiaan pelanggan  akan meningkat. Kata Kunci:   Nilai-Nilai Pelanggan, Ekuitas Merek dan Kesetiaan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. 2014. Building Strong Brands. (A. Baderi, Trans.) Jakarta: Bumi. Aksara.

Agustini, F. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Medan:Unimed.

Alma, Buchari. 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Ombak.

Swastha, Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE-. Yogyakarta.

Buchari Alma, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Chairiza, 2012, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada. Hotel Andalas di Bandar Lampung, (Tesis). Universitas Lampung,.

Freddy Rangkuti. 2012. Studi Kelayakan Bisnis & Investasi. Gramedia Pustaka. Utama.

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hindarto. 2013. “Hubungan Relationship Marketing Dengan Loyalitas Pelanggan Ritel”. Jurnal JIBEKA. Volume 7, No 3 Agustus 2013: 41-46.

Kanuk, Leslie L. 2013. Consumer Behavior. 8th edition. NewJersey: Prentice Hall.

Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

_______. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,. Jakarta: Erlangga.

Kertajaya, Hermawan. 2013. Tourism Marketing 3.0. Jakarta: PT Gramedia.

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Nazir 2008. Manajemen Pemasaran Jilid Dua. Edisi. 12. Jakarta : Erlangga.

Schein, 2011, Organizational Culture and Leadership, edisi. Terjemahan, YPTK,. Padang.

Simamora, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia,. Jakarta.

Sitinjak, T. 2012. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui. Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia .

Solihin, Ismail. 2011. Corporate Social Responsibility: From Charity to. Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutisna, 2013, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Terry, George dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan kesebelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.