PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada Bank BJB Kantor Cabang Tasikmalaya)

Fauziyya Amany, Nana Darna, Enjang Nursolih

Abstract


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa produktivitas kerja karyawan dapat mempengaruhi keberhasilan perusahaan serta mewujudkan tujuan yang ingin diapai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1). Bagaimana Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bank Bjb KC Tasikmalaya?, 2). Bagaimana Pengaruh Standar Operasional Prosedur terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bank Bjb KC Tasikmalaya?, 3). Bagaimana Pengaruh Lingkungan Kerja dan Standar Operasional Prosedur terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bank Bjb KC Tasikmalaya?. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil angket yang telah diisi oleh karyawan Bank Bjb Kantor Cabang Tasikmalaya yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode penelitian yang  digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, digunakan analisis regresi linier berganda, analisis koefiein korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis Uji t dan Uji F.            Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa 1). Lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan Bank Bjb KC Tasikmalaya. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dengan hasil thitung adalah = 5,1109. Berdasarkan hasil perhitungan hasil perhitungan koefisien korelasi yaitu sebesar 0,564 atau memiliki tingkat hubungan yang sedang atau cukup, sementara hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 31,8%. 2). Standar operasional prosedur berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan pada Bank Bjb KC Tasikmalaya. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dengan hasil thitung adalah = 5,3417. Dengan hasil perhitungan koefisien korelasi yaitu 0,582 atau memiliki tingkat hubungan yang sedang/cukup, sementara hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 33,75%. 3) lingkungan kerja dan standar operasional prosedur berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan pada Bank Bjb KC Tasikmalaya. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji F dengan hasil Fhitung adalah = 16,8786. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi yaitu sebesar 0,685, sementara hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 46,92% dan sisanya 53,08% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Standar Operasional Prosedur dan Produktivitas Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Atmoko, Tjipto. 2011. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Unpad, Bandung.

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Darmayanti, Yayan. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Pengawas Urusan Gerbong Sukacinta (PUG SCT) PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kabupaten Lahat. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FEB) Vol. 5 No. 1 Maret 2017.

Herzberg, Frederick. 2011. Herzberg‟s Motivation-Hygiene Theory and Job Satisfaction in The Malaysian Retail Sector: The Mediating Effect Of Love Money. Sunway University Malaysia: Teck Hang Tan and Amna Waheed

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Malayu Hasibuan. 2013. ” Manajemen Sumber Daya Manusia”. Cetakan ke-17 PT. Bumi Aksara, Jakarta

Malayu S. P. Hasibuan. 2016. Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Mangkunegara, A. P. (2009). Evaluasi kinerja sumber duya 111c11111sia. edisi pertama, cetakan pertama. Bandung: Refika Aditama.

Nawawi, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Gajahmada University Press, Yogyakarta

Nitisemito, Alex.S, 2008. Manajemen personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia. , 2010. Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Saputra, Angga. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja dan SOP (Standar Operasional Prosedur) Terhadap Produktivitas Karyawan PT. Fijifilm Indonseia (Depertement Warehouse). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 1 No. 1 Maret 2017 Hal. 21-30.

Sayuti, Jalaludin. 2012. Pentingnya Standar Operasional Prosedur Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan dalam Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol IV, No. 3.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Siagian. Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara. Jakarta.

Simamora, Henry. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY.

Sinaga Swando. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Minyak Kelapa Sawit pada PT. Mitra Unggul Pusaka Segati Pelalawan Riau. Jurnal jom FISIP Vol 3 No. 3 Oktober 2016.

Sofyandi, Herman. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Graha Ilmu:Yogyakarta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2011. Memahami Good Governance: Dalam Perspektif Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:Graya Media.

Sunyoto, Danang. “Sumber Daya Manusia (praktek penelitian”, Yogyakarta, Center For Academic, Publishing Service), 2012

Sutrisno, Edy. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana

Tambunan, Rudi. 2013. Standard Operating Procedures (SOP). Maiestas Publishing: Jakarta Selatan

Tanjung, Adrian dan Bambang Subagjo. 2012. Panduan Praktis Menyusun Standar Oprasional Prosedur (SOP) Instansi Pemerintah. Yogyakarta.

Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008 SOP

http://eprints.ums.ac.id/55556/5/BAB%20III.pdf

https://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampling-dalam-penelitian.html

http://repository.upi.edu/4269/6/S_PKK_0806613_Chapter3.pdf

http://etheses.uin-malang.ac.id/1560/7/11520066_Bab_3.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.