Pengaruh Kemampuan Pengendalian Diri dan Keterampilan Sosial Terhadap Kecerdasan Emosional (Studi kasus pada Yayasan Assa'adah Al-Masduki)

Ilman Effendi, Nurdiana Mulyatini, Iyus Yustini

Abstract


ABSTRAKIlman Effendi. NIM 3402160394. Pengaruh Kemampuan Pengendalian Diri dan Keterampilan Sosial Terhadap Kecerdasan Emosional Pegawai (Suatu Studi Pada Yayasan Assa’adah Al-Masduki Tasikmalaya) Dibawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, SE., M.M., (Pembimbing I) dan Hj. Iyus Yustini, S.Pd., M.M. (Pembimbing II).Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kemampuan Pengendalian Diri dan Keterampilan Sosial Terhadap Kecerdasan Emosional (Suatu Studi Pada Yayasan Assa’adah Al-Masduki Tasikmalaya). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh kemampuan pengendalian diri terhadap kecerdasan emosioonal pegawai di Yayasan Assa’adah Al-Masduki?; 2). Bagaimana pengaruh keterampilan sosial terhadap kecerdasan emosioonal pegawai di Yayasan Assa’adah Al-Masduki?; 3). Bagaimana pengaruh kemampuan pengendalian diri dan keterampilan sosial terhadap kecerdasan emosional pegawai di Yayasan Assa’adah Al-Masduki. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Pengaruh kemampuan pengendalian diri terhadap kecerdasan emosional pegawai di Yayasan Assa’adah Al-Masduki. 2). Pengaruh keterampilan sosial terhadap kecerdasan emosional pegawai di Yayasan Assa’adah Al-Masduki. 3). Pengaruh pengendalian diri dan keterampilan sosial terhadap kecerdasan emosional pegawai di Yayasan Al-Masduki.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Koefisien Determinsi, dan uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikan (Uji t dan Uji F). Sampel dlam penelitian ini adalah sebanyk 40 orang pegawai Yayasan Assa’adah Al-Masduki.Hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan pengendalian terhadap kecerdasan emosional pegawai sebesar 19.18%. Pengaruh keterampilan sosial terhadap kecerdasan emosional pegawai sebesar 19%. Pengaruh kemampuan pengendalian diri dan keterampilan sosial sebesar 28,30%. Pengaruh kemampuan pengendalian diri dan keterampilan sosial terhadap kecerdasan emosionan sebesar 28,30%Simpulan dari penelitian ini adalah 1). Kemampuan pengendalian diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional pegawai. 2). Keterampilan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional. 3). Kemampuan pengendalian diri dan keterampilan sosial berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kecerdasan emosional.Saran dari hasil penelitian ini adalah 1). Pengendalian diri pada pegawai Yayasan Assa’adah Al-Masduki, sangatlah di perlukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional. 2). Keterampilan sosial pada pegawai Yayasan Assa’adah Al-Masduki, sangatlah di perlukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional.Kata kunci : Pengendalian Diri, Keterampilan Sosial Dan Kecerdasan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Donni Juni Priansa. (2014). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Arif Yusuf Hamali. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Averill, J.R., 2011. Personal Control Over Aversive Stimuli and It’s Relationship to Stress. Psychological Bulletin, No. 80. p. 286-303.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Darmawan, D. (2013). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya: Pena Semesta.

Edy Sutrisno, (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Ely Manizar, (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib Vol.II No. 2

Fadila Malvika, (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Self Efficacy Terhadap Komitmen Organisasi (Pada Hotel Grand Zuri Pekanbaru). JOM FISIP Vol. 4 No. 2.

Gibson, L James. 2000. Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi ke-5. Cetakan ke-3. Jakarta.

Fitry Jelita P, Maria Helen S, Mary Philia E (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi Perawat di Rumah Sakit Darmo, Surabaya. Jurnal Gema Aktualita, Vol. 3 No. 2, Desember 2014

Goleman, Daniel (2015). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI lebih penting dari pada IQ, terj. T. Hermaya , Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

D. Rahayu. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Motivasi Kerja (Studi pada Karyawan Tetap Maintenance Department PT. Badak LNG Bontang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 43 No.1, 1-9.

Kaswan, (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Layla Hafni dan Khelliwaty Chandra, (2016). Pengaruh Faktor Kecerdasan Emosional Pemimpin Dan Leadership Terhadap Komitmen Organisasional Di Eastern Llc Pekanbaru. Procuratio. Vol. 04. No 03.

Malayu S.P Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muhamad Ali Sukrajap, (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Dengan Dimediasi oleh Pemberdayaan Psikologis. Jurnal Psikologi, Vol. 12.

Nandang Kosasih dan Dede Sumarna. (2014). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Alfabeta. Bandung.

Nur Arifin dan Fereshti Nurdiana Dihan (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pemberdayaan Karyawan terhadap Komitmen Organisasional melalui Kepuasan Kerja di Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, Vol. 9, No. 2, Oktober 2018

Nurul Ulfa dan Nashrillah Anis, (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Keterlibatan Kerja Dan Komitmen Organisasional Dengan Persepsi Politik Organisasi Sebagai Variabel Moderasi Pada Karyawan PT. Pln (Persero) Area Banda Aceh. Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 1, No. 1.

Putu Gede Suryadinatha dan Agoes Ganesha Rahyuda, (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Afektif Dengan Mediasi Perasaan Bangga Menjadi Pengikut. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 7.

Sedarmayanti, (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Cetakan Ketujuh, PT. Refika Aditama, Bandung.

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Refika Aditama, Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Andi Diah Sakinah Fatwa, (2015). Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan, Kecerdasan Emosional, Dan Efikasi-Diri Terhadap Komitmen Tugas Pada Guru Smta Pkp Jakarta Islamic School. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 04

Hasibuan, Malayu S.P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi revisi cetakan ke tiga belas). Jakarta: PT Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara Pada Pasal 3

Marihot, Manullang. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Maryani, Enok. 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Suwatno dan Donni Juni Priansa (2014). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung

Musthofa, Yasin. 2007. EQ untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam. Sketsa

Safroni, Ladzi. 2012. Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya : Aditya Media Publishing

Salovey, P & Mayer, J D. 1999. Emotional InteligenceD. Jakarta : PT. Gramedia.

Veithzal Rivai. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT RajaGarfindo.

Wibowo. (2016). Msanajemen Kinerja, Edisi Kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti, M.Pd,. APU. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Penerbit Mandar Maju.

Tridhonanto. (2013). Meraih Sukses dengan Kecerdasan Emosi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sugiyono. 2012. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, Ratna. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Orang Lanjut Usia tersedia di http://www.damandiri.or.id/file/ratnasuhartiniunairbab1.pdf

Supriatna. 2012. Efektivitas Proses Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik SMK di Jawa Barat (Studi pada Peserta Didik SMK RSBI di Jawa Barat). UPI (TESIS). Tidak diterbitkan.

Yusuf Syamsu. 2017. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.