PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Reza Mulyana, Renny Sri Purwanti, Iwan Setiawan

Abstract


Reza Mulyana , Nim. 3402160290. “Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Suatu Studi pada Industri Pabrik Keripik Mekarsari).Di Bawah Bimbingan Ibu Hj Reni Sri Purwanti, .S.Pd., M.M (Pembimbing I) Dan Bapak H. Iwan Setiawan S.E.MM. (Pembimbing II). Berdasarkan identifikasi masalah, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:1)Bagaimana Inovasi produk pada Industri Pabrik Keripik Mekarsari?2)Bagaimana Minat Beli Konsumen pada Industri Pabrik Keripik Mekarsari?3)Bagaimana Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Industri Pabrik Keripik Mekarsari?.Berdasarkan rumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:; 1)Inovasi Produk Pada Industri Pabrik Keripik Mekarsari.2)Minat Beli Konsumen Pada Industri Pabrik Keripik Mekarsari.3)Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Industri tujuan dan kegunaan tertentu”.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya.Inovasi Produk pada Industri Keripik Mekarsari sangat baik. Dilihat dari jumlah skor yang terdapat pada indikator tertinggi yaitu gaya dan desain produk, artinya Inovasi Produk yang dilakukan oleh Industri Keripik Mekarsari mampu mengikuti selera dan keinginan para konsumen dan secara tidak langsung bisa meningkatkan minat beli konsumen.Minat Beli Konsumen   pada Industri Keripik Mekarsari, sangat baik. Dilihat dari jumlah skor yang terdapat pada indikator tertinggi yaitu Minat eksploratif, Konsumen  tertarik untuk membeli Keripik  Mekarsari setelah mendapat informasi dari teman atau kerabat. Inovasi Produk terhadap minat beli konsumen berpengaruh positif dan signifikan, dengan tingkat hubungan yang kuat, dan hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Artinya semakin baik inovasi produk maka akan semakin meningkat minat beli konsumen. Kata Kunci :inovasi produk dan minat beli konsumen

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2013. Manajemen Pemasaran. cet. II. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Aditya Hermawan dan Harti, 2013. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Nokia Lumia 920 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Vol 1 No 6 November 2013.

Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung : CV. Linda Karya.

Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Barling, Julian dan L.Cooper Cary 2000 : Organizational Behavior Volume I – Micro Approaches: Sage Publications.

Basu Swastha dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta.

Bilson, Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Ombak : Yogyakarta.

Budi, Setiyawan dan Waridin. 2006. Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja di Pemasaran, Semarang: JRBI. Vol 2. No 2. Hal: 181-198

Hasibuan, Malayu. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Cetakan Ketujuh Belas. Jakarta. Bumi Aksara.

___________. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Jogiyanto, H.M. 2007. Metode Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman–Pengalaman. Yogyakarta: BPFE.

Kinnear, Thomas C. And James R. Taylor. (1995). Marketing Research: An Applied Approach. McGraw Hill Text.

Kotler, Philip. (1987). Manajemen Pemasaran. Edisi Indonesia. Erlangga, Jakarta.

____________. (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

____________.2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

____________. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta : Erlangga.

____________. Philip and Gary Amstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

____________. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta. Erlangga.

____________. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta. Erlangga.

Lubis, Yusniar,Dr. Bambang Hermanto dan Dr. Emron Edison (2012),Manajemen dan Riset Sumber Daya Manusia, cetakan pertama, penerbit : ALFABETA,cv.

Lukas, B.A. and Ferrel, O.C. 2000. “The Effect of Market Orientation on Product Innovation”. Journal of The Academy Marketing Science. No.2 Vol.28. p.239-247.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sampurno. (2010). Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung; Tarsito.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

___________.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta.

__________.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

___________. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

___________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.